Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Intens Pada Produk Rokok Djarum LA Lights (Menggunakan Consumer-Based Brand Equity)

RizalAlfisyahr (2006) Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Intens Pada Produk Rokok Djarum LA Lights (Menggunakan Consumer-Based Brand Equity). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan dunia usaha yang semakin ketat pada saat ini mendorong perusahaan-perusahaan bersaing untuk mendapatkan hati para konsumen. . Hal inilah yang mulai mendorong setiap perusahaan untuk mengembangkan secara terus-menerus merek yang mereka miliki sebagai upaya memenangkan persaingan. Dengan daya tariknya yang kuat diharapkan merek dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap produk bermerek tersebut sehingga terjadi pembelian yang pada akhirnya berlanjut menjadi pembelian intens. Jenis penelitian ini adalah explanatory research atau penelitian penjelasan , karena ingin menjelaskan hubungan kausal yang terjadi antara variabel-variabel ekuitas merek rokok LA Lights dengan keputusan pembelian yang dilakukan secara intens oleh pelanggan. Penelitian ini terdiri atas lima (5) variabel bebas (X), Yaitu variabel kinerja (X1), variabel nilai (X2), variabel citra sosial (X3), variabel kepercayaan (X4), dan variabel keterikatan (X5) dan satu (1) variabel terikat yaitu keputusan pembelian intens (Y). Untuk menentukan jumlah responden, peneliti menggunakan teknik 5 x jumlah variabel, yaitu 5 x 18 = 90 responden, sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling technique . Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda, uji F, serta uji t. Berdasarkan penelitian ini, diketahui bahwa variabel keputusan pembelian intens (Y) dijelaskan oleh variabel ekuitas merek (X) sebesar 26,1%, sedangkan sisanya sebesar 73,9% dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel bebas yang diteliti, dan dari ke lima variabel tersebut variabel yang paling dominan adalah variabel Citra Sosial(X3).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2006/050602768
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 23 Sep 2008 13:40
Last Modified: 20 Oct 2021 06:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102928
[thumbnail of 050602768.pdf]
Preview
Text
050602768.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item