The Implementation of English Instruction based on Curriculum 2013 at Indonesian Vocational High School: A Case Study at Tourism Services Program of SMK Negeri 2 Malang.

Rohmawati, Mawaddatur (2017) The Implementation of English Instruction based on Curriculum 2013 at Indonesian Vocational High School: A Case Study at Tourism Services Program of SMK Negeri 2 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kurikulum berperan sangat penting dalam peningkatan kualitas pendidikan karena kualitas pendidikan dapat menentukan bagaimana baiknya kurikulum tersebut dibuat dan diterapkan. Kurikulum terakhir yang digunakan oleh pendidikan di Indonesia adalah Kurikulum 2013. Sebagai salah satu kesatuan pendidikan, beberapa perubahan di proses belajar mengajar Bahasa Inggris di sekolah menengah kejuruan terjadi berdasarkan penerapan Kurikulum 2013. Namun, sehubungan dengan mata pelajaran Bahasa Inggris, materi Bahasa Inggris untuk sekolah menengah atas dan sekolah menengah kejuruan sama. Jam pelajaran Bahasa Inggris juga dikurangi. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan Bahasa Inggris berdasarkan Kurikulum 2013 pada jurusan Usaha Perjalanan Wisata di SMK Negeri 2 Malang. Penelitian ini menggunakan desain studi kasus yang berusaha menggambarkan secara dalam penerapan mata pelajaran Bahasa Inggris berdasarkan Kurikulum 2013 pada jurusan Usaha Perjalanan Wisata di SMK Negeri 2 Malang. Subjek penelitian ini adalah seorang guru Bahasa Inggris dan siswa kelas X-1 jurusan Usaha Perjalanan Wisata. Di dalam proses mengumpulkan data, peneliti menggunakan tiga teknik, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk meningkatkan validitas data yang diperoleh, proses triangulasi dilakukan dengan dengan menggunakan pemeriksaan silang (cross checked) terhadap semua data yang diperoleh dari ketiga teknik tersebut. Penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan mata pelajaran Bahasa Inggris berdasarkan Kurikulum 2013 sudah hampir memenuhi standart Kurikulum 2013 dari pemerintah. SMK Negeri 2 Malang menyediakan 2 kelas Bahasa Inggris, kelas regular dan kelas kejuruan. Pemilihan materi untuk Bahasa Inggris pada kelas kejuruan didasarkan pada silabus pengantar pariwisata. Penerapan pendekata ilmiah sebagai metode pembelajaran berjalan dengan baik dan sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Guru menggunakan test tertulis dan tugas sebagai instrumen dari penilaian pengetahuan. Untuk penilaian kemampuan, guru menilainya dari kinerja siswa dan proyek. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, peneliti menyarankan pada guru untuk meningkatkan dan mengevaluasi pengetahuannya tentang penerapan Kurikulum 2013. Untuk peneliti lain, peneliti menyarankan agar mereka dapat menggunakan penelitian ini sebagai referensi penelitian selanjutnya. Untuk pengelola sekolah, peneliti menyarankan untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan penerapan mata pelajaran Bahasa Inggris berdasarkan Kurikulum 2013 di sekolah menengah kejuruan untuk pengembangan Kurikulum 2013.

English Abstract

Curriculum plays an important role in improving education quality since the quality of education could be determined by how well the curriculum is arranged and implemented. The latest curriculum used by education in Indonesia is Curriculum 2013. As an education unit, some changes in English teaching and learning process at vocational high school are carried out in accordance with the implementation of Curriculum 2013. However, regarding English lesson, English materials for both senior high school and vocational high school are similar. The time for English lesson is also reduced. Thus, this study aimed to describe the implementation of English instruction based on Curriculum 2013 at Tourism Services Program of SMK Negeri 2 Malang. This study used case study design as it attempts to describe in-depth the implementation of English instruction based on Curriculum 2013 at Tourism Services Program of SMK Negeri 2 Malang. The subjects were an English teacher and the students of X-1 of Tourism Services Program class. In the process of collecting data, three techniques were used, they were observation, interviews, and documentation. For enhancing the validity of the data, triangulation process was done by cross-checking the data gained from those three techniques. This study reveals that the English instruction based on Curriculum 2013 was already appropriate with the standard of Curriculum 2013 based on the government. SMK Negeri 2 Malang provides two English classes, regular class and vocational class. The selection of English material for vocational class was based on syllabus of Introduction to Tourism. The implementation of Scientific Approach as the learning method was running well and in accordance with the lesson plan. The teacher used written test and assignment as the instruments of knowledge assessment. For skill assessment, the teacher measured it from students‟ performance and project. Based on the results of this study, the researcher suggested that the teacher must improve and evaluate her knowledge about implementing Curriculum 2013. For future researchers, the researcher suggested that they can use this study as a reference in the next research. For school administrators, the researcher suggested that they can consider the strengths and weaknesses of the implementation English instruction in Curriculum 2013 at vocational high school in order to improve Curriculum 2013 development.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/88/051700976
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 16 Feb 2017 11:21
Last Modified: 21 Oct 2021 03:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102891
[thumbnail of MAWADDATUR_ROHMAWATI_125110501111018.pdf]
Preview
Text
MAWADDATUR_ROHMAWATI_125110501111018.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item