Perbandingan Tindak Kekerasan Tokoh Ibu Tiri pada Dongeng Cendrillon Karya Charles Perrault dengan Film Cinderella Produksi Disney Tahun 2015,

Permana, RendyKusumaIndra (2017) Perbandingan Tindak Kekerasan Tokoh Ibu Tiri pada Dongeng Cendrillon Karya Charles Perrault dengan Film Cinderella Produksi Disney Tahun 2015,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dongeng merupakan bentuk karya sastra lama yang masih banyak diminati hingga sekarang. Salah satu dongeng yang banyak dikenal adalah Cendrillon. Dongeng Cendrillon sudah banyak diadaptasi ke berbagai bentuk karya lain, misalnya film, atau yang lebih dikenal dengan ekranisasi. Dongeng Cendrillon ini telah banyak diekranisasikan, salah satunya yaitu film Cinderella produksi Disney tahun 2015. Dalam proses ekranisasi, akan terjadi berbagai bentuk perubahan, baik dalam tema, alur, tokoh, dan lain-lain. Dalam dongeng ini perubahan juga terjadi pada bentuk tindak kekerasan yang dilakukan oleh ibu tiri. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bentuk-bentuk tindak kekerasan yang dilakukan tokoh ibu tiri terhadap Cinderella dalam dongeng Cendrillon dan film Cinderella, serta faktor apa yang mempengaruhi hal tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori bentuk-bentuk kekerasan terhadap anak dan teori ekranisasi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif komparatif, yakni membandingkan variabel yang sama untuk sampel yang berbeda. Hasil dari penelitian ini yakni bentuk tindak kekerasan di dalam dongeng lebih sedikit daripada yang ada di dalam film. Hal tersebut diakibatkan oleh penggunaan plastic material dalam film karena bentuk kekerasan dalam dongeng ditampilkan secara berbeda dalam film, tetapi masih dapat menyampaikan pesan yang sama. Peneliti menyarankan agar penelitian selanjutnya dapat menganalisis tindak kekerasan yang dilakukan oleh tokoh lain dalam dongeng dan film ini yakni dua saudara tiri Cinderella karena bentuk kekerasan yang dilakukan oleh dua saudara tiri ini cukup banyak ditampilkan di dongeng dan film.

English Abstract

Le conte de fées est une forme de littérature ancienne qui est encore en Cendrillon. Ce conte a été adapté sous diverses Cendrillon Cinderella rigue, les personnages, etc. Dans ce conte, les changements se produisent aussi dans la forme des actes de violence perpétré par la belle-mère. Le but de cette recherche est de connaître les formes des actes de violence perpétrés par La belle-mère de Cendrillon dans le conte Cendrillon et le film Cinderella Le type de cette recherche est comparat-à-dire de comparer la Le résultat de cette recherche montre que les violences dans le conte de du plastic material dans le film parce que la forme des actes de violence dans le conte est affichée différemment du film, mais elle peut encore transmettre le même message. Le chercheur conseille pour la prochaine recherche de pouvoir analyser les actes de violence par des autres personnages dans ce conte et ce film par exemple les deux belles- clairement.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/83/051700885
Subjects: 400 Language > 440 French and related Romance languages
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Perancis
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 16 Feb 2017 10:25
Last Modified: 10 Mar 2022 01:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102886
[thumbnail of SKRIPSI_-_RENDY_KUSUMA_INDRA_PERMANA_135110301111007.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_-_RENDY_KUSUMA_INDRA_PERMANA_135110301111007.pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of ARTIKEL_ILMIAH_-_RENDY_KUSUMA_INDRA_PERMANA_135110301111007.pdf]
Preview
Text
ARTIKEL_ILMIAH_-_RENDY_KUSUMA_INDRA_PERMANA_135110301111007.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item