Sikap Siswa dalam Penggunaan Bahasa Indonesia di Kelas Bahasa Inggris di SMK PGRI Singosari.

Wardani, HelenKusuma (2017) Sikap Siswa dalam Penggunaan Bahasa Indonesia di Kelas Bahasa Inggris di SMK PGRI Singosari. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bahasa Inggris dianggap sebagai bahasa asing di Indonesia karena hanya sebatas diajarkan di sekolah-sekolah tetapi tidak memiliki bagian penting dalam aspek sosial lainnya. Perbedaan dalam ejaan dan pengucapan adalah tantangan untuk siswa di Indonesia dalam belajar Bahasa Inggris sebagai Bahasa asing. Tantangan untuk siswa dengan rendahnya motivasi dan lemahnya dalam keahlian berbahasa Inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap siswa dan alasan sikap siswa menggunakan Bahasa Indonesia disaat kelas Bahasa Inggris di SMK PGRI SINGOSARI . Penelitian ini menggunakan survei deskriptif sebagai desain penelitiannya. Subyeknya adalah 120 siswa dari 6 jurusan yang dinamakan TKJ, Otomotif, RPL, Electro,Otomasi Industri, Kendaraan Ringan dengan 20 siswa disetiap jurusannya. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Kuesioner diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia untuk mempermudah siswa menjawab pertanyaan yang telah diberikan dan menggunakan jawaban Ya / Tidak dan pertanyaan terbuka untuk mengetahui alasan dari sikap siswa terhadap penggunaan Bahasa Indonesia. Data juga dianalisis secara kuantitatif berdasarkan pada teori Sawono dengan menggunakan persen data. Hasil dari analisis itu ditampilkan dalam bentuk persentase dan tabel. Berdasarkan hasil dari penemuan, peneliti menemukan 72,5% bahwa siswa memiliki sikap positif menggunakan Bahasa Indonesia dalam kelas Bahasa Inggris. Ada beberapa saran untuk guru-guru bahasa Inggris dan peneliti yang akan datang sehubungan dengan hasil penelitian ini. Pertama, guru bahasa Inggris harus menggunakan Bahasa Indonesia untuk membantu siswa dengan lemahnya berbahasa inggris dan rendahnya motivasi. Oleh karena itu, dapat mempermudah siswa untuk memahami makna kosakata yang tidak diketahui dan untuk menjelaskan konsep-konsep tata bahasa yang sulit. Terakhir, peneliti-peneliti yang akan datang untuk melakukan penelitian serupa dan bisa memodifikasi dan lebih baik dengan mengetahui bagaimana menggunakan Bahasa Indonesia di Kelas Bahasa Inggris.

English Abstract

English is considered as a foreign language in Indonesia since it is only taught in schools but has no important part in other social aspect. The difference in spelling and pronunciation is a challenge for Indonesian students studying English as a foreign language. The challenge escalates for students with low motivation and those who academically weak with low English proficiency. The objectives of this study were to know the students’ attitude toward the use of Bahasa Indonesia in English classes at SMK PGRI Singosari and the reason underlying their attitude. This study used descriptive survey as the research design. The subjects were120 students from 6 majors namely TKJ, Otomotif, RPL, Electro, Otomasi Industri, Kendaraan Ringan with 20 students from each major. This study used questionnaire for data collection. The questionnaire was translated into Bahasa Indonesia to ensure the students understanding about Yes/No questions and open-ended questions to reveal the students’ attitude and their reason underlying their attitudes. The data were analyzed quantitatively based on Sawono’s (2006) theory by using Tabulation data. The result of the analysis was displayed in the form of percentage and table. Based on the result on the finding, the researcher found that 72,5% of the students had positive attitude towards the use of Bahasa Indonesia in English and their reason underlying their attitude related to the use Bahasa Indonesia in English classroom was mainly because Bahasa Indonesia can help them to understand new/difficult English vocabulary and help them learn English easily. There are several suggestions for the English teacher and further researchers regarding to the result of this study. First, the English teachers can use L1 in order to help students who are academically weak and have low motivation. So that, it is easier for them to understand the meaning of unknown vocabulary and to explain difficult grammar concepts. The last, for further researchers, the result of this study could be used as a reference for their research related to students’ attitude and reason underlying the use of Bahasa Indonesia in English classes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/78/051700880
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 14 Feb 2017 09:45
Last Modified: 21 Oct 2021 03:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102880
[thumbnail of ARTICLE_helen_kusuma_125110507111034.pdf]
Preview
Text
ARTICLE_helen_kusuma_125110507111034.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of skripsi_helen_kusuma__125110507111034.pdf]
Preview
Text
skripsi_helen_kusuma__125110507111034.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item