Partisipasi Masyarakat Dalam Usaha Mewujudkan Kampung Hijau. (Studi Pada Rw 03, Kelurahan Sukun, Kecamatan Sukun, Kota Malang)

Kusbiantono, Wahyu Rendi (2018) Partisipasi Masyarakat Dalam Usaha Mewujudkan Kampung Hijau. (Studi Pada Rw 03, Kelurahan Sukun, Kecamatan Sukun, Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan bagaimana partisipasi masyarakat RW 03, Kelurahan Sukun, Kecamatan Sukun, Kota Malang dalam mewujudkan kampung hijau. Pada awalnya wilayah RW 03 merupakan daerah yang sangat berbeda kondisinya dengan saat ini. Hal ini dikarenakan RW 03 pada saat itu memiliki berbagai masalah seperti rendahnya tingkat kesehatan, banjir dan pengolahan sampah yang buruk. Bahkan sebelum kampung hijau terwujud daerah tersebut pernah terkena wabah penyakit demam berdarah (DB) akibat pengolahan sampah yang kurang efektif. Akan tetapi, saat ini masyarakat RW 03 sendiri telah berhasil mengubah daerahnya menjadi lebih baik hingga berhasil mewujudkan program kampung hijau. Keadaan ini pada akhirnya membuat daerah RW 03 mendapatkan manfaat dari segi ekonomi, sosial dan ekologi. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah jenis metode penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian adalah RW 03 Kelurahan Sukun, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Purposive sampling digunakan sebagai teknik penentuan informan dalam penelitian ini. Sedangkan teknik pengumpulan datanya, oleh peneliti ditentukan dengan menggunakan cara observasi, wawancara dan pengambilan data sekunder dari lokasi penelitian. Terakhir, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kondensasi, penyajian dan verifikasi data. Data yang peneliti dapatkan dari lapangan menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat berperan penting dalam berhasilnya kegiatan-kegiatan untuk mewujudkan kampung hijau. Walaupun dalam beberapa kegiatan tidak terdapat partisipasi masyarakat dalam hal perencanaan (decision) dan evaluasi (evaluation), tetapi kegiatan untuk mewujudkan kampung hijau dapat terlaksana dan dipertahankan sampai sekarang dikarenakan adanya partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan (implementation) dan manfaat (benefit). Hal ini disebabkan karena baiknya proses sosialisasi yang dilakukan oleh perangkat RW 03.

English Abstract

This research has conduct to explains how the community participation of RW 03, Kelurahan Sukun, Kecamatan Sukun, Kota Malang to realize the green village program. Initially the area of RW 03 has very different condition with its current condition. Its caused by various problem, such as less healthy wellfare, flood, and bad waste management. Before the green village status was realized, this area was exposed by dengue fever outbreak. Its caused by less effective waste management. Nowadays, the community of RW 03 was succeed to transforms this area to get green village program. This condotions make community of RW 03 take benefit economically, socially and ecologically. In this research used descriptive qualitative method. The research location is community of RW 03, Kelurahan Sukun, Kecamatan Sukun, Kota Malang. This research used purposive sampling. Data collection methods are observation, interview, and literature review. Data analysis methods that used in this research are data condentation, display data, data verification. This research shows that community participation has an important role to success the community activities in order to creates a green village program. Although in some activities there is no community participation in terms of planning and evaluation, but it can be success until now because the community partisipates in implementation and benefit phase. This due to the good socialization process by RW 03 official.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/107/051802563
Uncontrolled Keywords: Partisipasi masyarakat, perencanaan, pelaksanaan, manfaat dan evaluasi.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.1 General topics of social interaction > 302.14 Social participation
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 May 2018 03:57
Last Modified: 18 Oct 2021 03:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10288
[thumbnail of Wahyu Rendi Kusbiantono.pdf]
Preview
Text
Wahyu Rendi Kusbiantono.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item