Refleksi Akutagawa Ryunosuke melalui Tokoh Kare dalam Cerpen Aru Aho no Issho Karya Akutagawa Ryunosuke

Zahra, Zahidah (2017) Refleksi Akutagawa Ryunosuke melalui Tokoh Kare dalam Cerpen Aru Aho no Issho Karya Akutagawa Ryunosuke. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Akutagawa Ryunosuke merupakan salah satu sastrawan Jepang zaman Taisho. Akutagawa sebelumnya tidak pernah menuangkan kehidupan pribadi dalam karya-karyanya, namun sejak kondisi kesehatan dan mentalnya memburuk, karya-karya Akutagawa menjadi lebih bersifat pribadi. Hal tersebut yang melatarbelakangi penulis untuk mengkaji sosok Akutagawa yang terefleksi melalui tokoh dalam salah satu cerpennya. Oleh sebab itu, rumusan masalah penelitian ini adalah refleksi Akutagawa Ryunosuke melalui tokoh Kare dalam cerpen Aru Aho no Issho. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan ekspresif karena fokus kajian adalah pengarang dalam karyanya. Pendekatan ekspresif berupaya mengungkapkan latar belakang diri dan kehidupan pengarang yang dapat memberikan penjelasan tentang penciptaan karya-karyanya dengan menggunakan data sekunder. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Akutagawa sebagai penulis cerpen Aru Aho no Issho merefleksikan dirinya melalui tokoh Kare, yaitu ibu tokoh Kare yang gila, ketertarikan tokoh Kare pada karya-karya sastra Barat, gambaran pemikiran tokoh Kare yang dipengaruhi karya sastra Barat dan Natsume Soseki, kecemasan dan kejenuhan tokoh Kare terhadap kehidupan, serta tokoh Kare yang mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri. Kesimpulan penelitian ini adalah ditemukannya persamaan latar belakang diri, pemikiran, ekspresi kecemasan, perasaan, hingga akhir hidup membuktikan bahwa Akutagawa Ryunosuke memang merefleksikan dirinya melalui tokoh Kare dalam cerpen terkait. Penulis menyarankan pada penelitian berikutnya dapat melakukan penelitian tentang pengarang dalam karyanya pada pengarang Jepang lainnya, seperti Osamu Dazai dan Kenzaburo Oe.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/7/051700477
Subjects: 800 Literature (Belles-letters) amd rhetorics > 895 Literatures of East and Southeast Asia > 895.6 Japanese literature
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 02 Feb 2017 09:00
Last Modified: 21 Oct 2021 02:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102871
[thumbnail of ARTIKEL_ILMIAH.pdf]
Preview
Text
ARTIKEL_ILMIAH.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of skripsi_full_vers.pdf]
Preview
Text
skripsi_full_vers.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item