Pengembangan Media Film Dokumenter Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Keterampilan Menyusun Teks Cerita Biografi Siswa Kelas VIII SMP.

Arifin, Verawati (2017) Pengembangan Media Film Dokumenter Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Keterampilan Menyusun Teks Cerita Biografi Siswa Kelas VIII SMP. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan tanggal 19 Januari 2016 di SMPN 1 Batu pada pembelajaran menyusun teks biografi menjadi permasalahan yang terjadi di kelas VIII. Keterampilan siswa dalam materi ini masih rendah. Oleh karena itu, dikembangkan media film dokumenter berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan keterampilan menyusun teks biografi pada kelas VIII SMP Negeri 1 Batu Kurikulum 2013 dengan menggunakan KD 4.2 menyusun cerita biografi sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat, baik secara lisan maupun tulisan. Film dokumenter merupakan film yang dibuat berdasarkan fakta, bukan fiksi, bukan pula memfiksikan fakta atau melakukan tipuan atau pemalsuan dari kejadian fakta yang terjadi, serta pola penting dalam film dokumenter menggambarkan permasalahan suatu kehidupan manusia. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan penelitian dan pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Validasi produk dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan praktisi. Uji coba pada penelitian ini dilakukan dalam dua tahapan, yaitu uji coba kelompok kecil yang dilakukan oleh sepuluh siswa kelas VIII SMP yang dipilih secara acak, dan uji coba kelompok besar yang dilakukan oleh seluruh siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Batu. Data penelitian ini berupa data angka dan deskripsi yang diperoleh dari wawancara dan angket kebutuhan guru dan siswa, angket validasi ahli media dan ahli materi, serta angket siswa. Hasil secara keseluruhan analisis data penelitian dan pengembangan media film dokumenter berbasis multimedia interaktif dalam pembelajaran menyusun teks cerita biografi pada kelas VIII SMP meliputi 98% dari ahli media dengan kriteria sangat valid, 96% dari ahli materi dengan kriteria sangat valid, 92% dari praktisi dengan kriteria sangat valid, 92,57% dari hasil uji coba kelompok kecil dengan kriteria sangat valid, dan 90,32% dari hasil uji coba kelompok besar dengan kriteria sangat valid. Hasil analisis data akhir semua penilaian menunjukkan kriteria sangat valid sehingga dapat disimpulkan bahwa media film dokumenter berbasis multimedia interaktif sangat layak untuk dikembangkan. Untuk pengembangan selanjutnya film dokumenter berbasis multimedia interaktif siap untuk dikembangkan dalam skala yang lebih luas.

English Abstract

Based on observation be held at 19 Januari 2016 in SMPN 1 Batu, Arrange text strory of biography become a problem that held in 8th grade. Student’s skill in this comprehend still low. So, documentary film basic on multimedia interactive has been developed to arrange text story of biography in 8th gradeof SMPN 1 Batu. 2013 curriculum with KD 4.2 arrange text story of biography with characteristic text that will made from speaking and writing. Documentary film is film that made basic on fact not fiction and not fiction of fact or make foolish or forgery from fact has been held, and important system in documentary film ilustrate problem of human alive. Research and development used research of developmen with ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) modals. Product valdation maked by expert of media, expert of matery, and practitioner. Trials in this research make two phases are little group trials with six student, and big group trials made by all of student in 8th grade of B’class. Data in this research are number and descripton that acquired by interview and questionnaire of teacher and students’need, media and matery validation’s questionnaire and questionnaire of student reponbility. Result of analyze final data from research and development media documentary film basic on multimedia interactive to arrange text story of biography in 8th grade SMPN 1 Batu are 98% from expert of media with criteria very valid, 96% from expert of matery with criteria very valid, 92% from practitioner with criteria very valid, 92,57% from little group with criteria very valid, and 90,32 from big group with criteria very valid. Result of analyze final data, all assesment shown criteria very valid, so it make conclution that media documentary film basic on multimedia interactive very suitable to develop. For next development, documentary film basic on multimedia interactive ready to develop in big scale.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/68/051700870
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 13 Feb 2017 15:00
Last Modified: 21 Oct 2021 02:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102869
[thumbnail of ARTIKEL.pdf]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (13MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item