Analisis Konsep Dan Aktualisasi Diri Tokoh Utama Mathilde Dalam Cerpen La Parure Karya Guy De Maupassant: Kajian Psikologi Humanistik

Savira, AleviPrilita (2017) Analisis Konsep Dan Aktualisasi Diri Tokoh Utama Mathilde Dalam Cerpen La Parure Karya Guy De Maupassant: Kajian Psikologi Humanistik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Cerpen merupakan karya sastra tulis yang mudah dinikmati karena memiliki alur sederhana. Guy de Maupassant adalah satrawan Prancis dan pencetus lahirnya cerpen beraliran modern di dunia. Salah satu karya populer Maupassant adalah cerpen La Parure, bercerita tentang tokoh Mathilde yang menginginkan kemewahan namun bernasib malang sehingga mengalami ketidakselarasan diri (inkongruensi). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketidakselarasan tersebut dalam konsep diri dan perkembangan kepribadian tokoh hingga mencapai aktualisasi diri. Penelitian ini menggunakan teori Psikologi Self dengan pendekatan Humanistik yang dikemukakan oleh Carl Rogers tahun 1951. Penulis memilih desain penelitian kualitatif, metode deskriptif analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep diri tokoh Mathilde terbentuk melalui proses pengamatan terhadap kehidupannya yang menghasilkan suatu persepsi mengenai kecantikan dan status sosial kaum wanita. Selanjutnya, terdapat inkongruensi pada diri Mathilde yang menginginkan kehidupan mewah sehingga ia berupaya mewujudkan gambaran diri idealnya dan menolak pengalaman yang tidak selaras dengan struktur diri ke dalam kesadarannya. Namun, pada perkembangan pengalaman hidup tokoh, terdapat suatu pembelajaran yang mengubah diri Mathilde menjadi lebih dinamis, sehingga ia mengalami beberapa proses menuju aktualisasi diri yaitu keterbukaan pada pengalaman, kehidupan eksistensial, kepercayaan terhadap diri, perasaan bebas dan kreativitas yang membuat kepribadian menjadi lebih terbuka. Selanjutnya, proses keterbukaan diri tersebut telah membuat Mathilde berhasil mengaktualisasikan dirinya dan berkepribadian sehat. Penulis mengharapkan pada penelitian selanjutnya, terdapat pembahasan mengenai kebutuhan neurotik pada tokoh Mathilde sehingga dapat diketahui penyebab dari tindakan impulsif yang dilakukannya untuk mendapat kekaguman dari orang lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/210/051703776
Subjects: 400 Language > 440 French and related Romance languages
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Perancis
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 31 May 2017 09:11
Last Modified: 21 Oct 2021 02:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102853
[thumbnail of SOFT_FILE_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SOFT_FILE_SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item