Efektivitas Penggunaan Media Visual Sederhana Berupa Kartu ことわざかるた (Kotowaza Karuta) Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Hiragana Kelas X Bahasa Sman 1 Pandaan

Yafie, AchmadAli (2017) Efektivitas Penggunaan Media Visual Sederhana Berupa Kartu ことわざかるた (Kotowaza Karuta) Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Hiragana Kelas X Bahasa Sman 1 Pandaan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yang peneliti temukan pada siswa kelas Bahasa 2 SMAN 1 Pandaan yang mana kemampuan siswa dalam membaca huruf hiragana masih kurang. Hal tersebut dikarenakan tidak adanya waktu khusus untuk mempelajari huruf hiragana. Dalam pengenalan huruf hiragana, diperlukan waktu dan perlakuan khusus. Penggunaan media pembelajaran yang menarik dapat mempermudah siswa dalam menghafal huruf hiragana. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas media visual sederhana berupa ことわざかるた (Kotowaza Karuta) terhadap peningkatan kemampuan membaca huruf hiragana kelas X Bahasa SMAN 1 Pandaan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas media visual sederhana berupa ことわざかるた (Kotowaza Karuta) terhadap peningkatan kemampuan membaca huruf hiragana kelas X Bahasa SMAN 1 Pandaan yang dilihat dari hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest design, dengan metode pretest, treatment, dan posttest. Setelah penelitian ini dilakukan, kemampuan siswa kelas Bahasa 2 SMAN 1 Pandaan dalam membaca huruf hiragana meningkat. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan rata-rata nilai siswa dari 18,8 saat pretest menjadi 38,1 saat posttest. Dari perhitungan t-test didapatkan hasil nilai t sebesar 4,36, lebih besar dari t tabel dengan taraf signifikansi 5% dan db sebesar 19. Dengan hasil tersebut, dapat disimpulkan penggunaan kartu ことわざかるた (Kotowaza Karuta) dianggap efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca huruf hiragana.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/209/051703775
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 31 May 2017 09:08
Last Modified: 21 Oct 2021 02:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102852
[thumbnail of Yudisium.pdf]
Preview
Text
Yudisium.pdf

Download (10MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item