Pelaksanaan Pelayanan Perizinan Terpadu Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Malang)

Faroby, Balqis Afdiradana (2018) Pelaksanaan Pelayanan Perizinan Terpadu Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada penelitian skripsi ini, penulis mengambil judul “Pelaksanaan Pelayanan Perizinan Terpadu Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik” di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Malang dengan latar belakang pelayanan perizinan yang ada pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Malang menggunakan sistem pelayanan terpadu satu pintu satu dan telah mendapat penghargaan dari pemerintah. Dalam pemberian pelayanan perizinan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Malang juga mengacu pada asas-asas pelayanan publik yang tercantum pada KEPMENPAN Nomor 63 Tahun 2003. Dengan prestasi yang diperoleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Malang, namun dalam pelaksanaan pelayanannya masih terdapat permasalahan yang sering terjadi berkaitan dengan pemberian pelayanan yang dilakukan oleh petugas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan pelayanan perizinan terpadu pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Malang. Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan Pelayanan; 2) Kualitas Pelayanan; 3) Faktor Pendukung dan Penghambat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menjelaskan bahwa tujuan dari pelaksanaan pelayanan perizinan terpadu pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Malang adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan perizinan dengan melihat proses, persyaratan serta sarana dan prasarana dalam pemberian pelayanan. Aktor yang terlibat dalam pelaksanaan pelayanan ini adalah pemerintah, dinas terkait dan masyarakat. Peningkatan kualitas pelayanan perizinan juga diukur dengan tingkat kepuasan masyarakat yang menerima pelayanan dengan metoe SWOT, dengan melihat kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki DPMPTSP. Dalam pelaksanaannya terdapat faktor pendukung dan penghambat. Salah satu faktor pendukung adalah kerjasama antar pegawai yang terjalin dengan baik. Sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan pelayanan adalah kurangnya sarana dan prasarana yang ada dan Sumber Daya Manusia yang masih kurang Kompeten.

English Abstract

The tittle of this final paper is “The Implementation of Integrated Licensing Services in Improving the Quality of Public Service”. The background of research is permittance service at Capital Investment adn Intregated one door service (DPMPTSP) Malang City using integrated one door service system and has been awarded by the government. During the delivery of licensing service DPMPTSP emphasies on principels of public service as stated KEPMENPAN No. 63 of 2003. With the achievements gained DPMPTSP but in the implementation of its services there are still problems that often occur related to the provision of services performed by the officer. Research method is descriptive, with qualitive approach.The objectives of research are to understand, to describe and to analyze the implementation of intregated licensing service at DPMPTSP. Focus of research includes 1) the implementation of service; 2) quality of service; 3) the supporting and constraining factors. Data technique involves observation, interview, and documentation. Result of research indicates that the goals of the implementation of Integrated Licensing Services in DPMPTSP are to improve the quality of licensing services by looking at processes, requirements and facilities and infrastructure in service delivery. The actor who are involved within this service delivery are government, related agencies and community. To improve the quality of service one of them by improving facilities and infrastructure. The increase licensing services quality is measured by satisfaction rate of people to the service using SWOT method, this method is useful to examine strength, weakness, opportunity and threat of DPMPTSP Malang. Futhermore there are supporting and constraning factors related to service delivery. one of the supporting factors is the cooperation between employees who are well established. While the factor of service in the implementation of services is the lack of existing facilities and infrastructure. While the constraning factor in the implementation of services is the lack of existing facilities and infrastructure and and Human Resources that are still less Competent.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/141/051803224
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Perizinan, Kualitas Pelayanan
Subjects: 300 Social sciences > 354 Public administration of economy and environment > 354.8 Public administration of financial institutions, money, credit
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 07 May 2018 03:48
Last Modified: 25 Aug 2022 07:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10285
[thumbnail of BALQIS AFDIRADANA FAROBY.pdf] Text
BALQIS AFDIRADANA FAROBY.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item