Analisis Pemungutan Pajak Bumi Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (Studi Kasus pada Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Kubu Raya)

Bramantyo, Muhammad (2018) Analisis Pemungutan Pajak Bumi Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (Studi Kasus pada Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Kubu Raya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pemungutan PBB-P2 setelah dilakukannya pengalihan dari pusat ke daerah, faktor apa saja yang mempengaruhinya dan bagaimana efektivitas pemungutan PBB-P2 yang ada di Kabupaten Kubu Raya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan wawancara terstruktur dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data di lapangan model Miles dan Huberman, dengan pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data, dan terakhir penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa Proses Pelaksanaan Pemungutan PBB-P2 di Kabupaten Kubu Raya belum terlaksana dengan baik berdasarkan teori yang digunakan oleh peneliti, peneliti juga menemukan ada beberapa faktor yang menjadi pengaruh terhadap proses pemungutan PBB-P2 di Kabupaten Kubu Raya, dan tingkat efektivitas pemungutan PBB-P2 di Kabupaten Kubu Raya sudah berjalan cukup efektif dari tahun 2013 – 2017. Saran yang diberikan dalam penelitian ini terkait proses pemungutan PBB-P2 yang dilakukan oleh Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Kubu Raya adalah diharapkan BPPRD Kabupaten Kubu Raya terus memberikan sosialisasi tentang PBB-P2 kepada masyarakat yang belum mengerti tentang PBB-P2 dan juga memberikan sanksi terhadap masyarakat yang tidak melakukan kewajibannya sebagai Wajib Pajak PBB-P2 yang ada di Kabupaten Kubu Raya, Proses evaluasi harus selalu dilakukan sebagai upaya untuk memberikan penilaian apakah pelaksanaan pemungutan PBB-P2 di Kabuaten Kubu Raya telah berjalan sesuai dengan ketentuan. Upaya ini dilakukan untuk memberikan jaminan bahwa proses pelaksanaan pemungutan PBB-P2 benar-benar dapat mendukung upaya daerah dalam peningkatan pendapatan asli daerah.

English Abstract

This study aims to analyze the process of PBB-P2 collection after the transfer from center to region, what factors influence it and how the effectiveness of PBB-P2 collecting in Kubu Raya District. This type of research is qualitative with case study approach, and data collection technique used in this research is by conducting structured interview and documentation study. Data analysis used in this research is data analysis in field Miles and Huberman model, with data collection, data reduction, data presentation, and final drawing conclusion. The result of the research shows that the PBB-P2 Collection Process Implementation in Kubu Raya Regency has not been implemented well based on the theory used by the researcher, the researcher also found that there are several factors influencing the PBB-P2 collecting process in Kubu Raya Regency, the effectiveness of PBB-P2 collecting in Kubu Raya Regency has been running quite effectively from 2013 to 2017. Suggestion given in this research related to PBBP2 collecting process conducted by Regional Tax and Retribution Agency of Kubu Raya Regency is expected by BPPRD of Kubu Raya Regency socialize the UN-P2 to the people who have not understood the UN-P2 and also sanction the society that does not perform its obligation as the Taxpayer of PBB-P2 in Kubu Raya Regency, The evaluation process should always be done in an effort to give an assessment of whether the implementation UN-P2 collecting in Ka makeen Kubu Raya has run in accordance with the provisions. This effort is made to provide assurance that the UN-P2 collection process can really support local efforts in enhancing local revenue.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/143/051803226
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 07 May 2018 03:36
Last Modified: 26 Oct 2021 04:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10283
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (278kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (22kB) | Preview
[thumbnail of 8. LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (70kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item