The Students’ Perception On The Use Of Smartphones As Media Of Learning English

Aprilia, NisaEka (2017) The Students’ Perception On The Use Of Smartphones As Media Of Learning English. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Smartphone menjadi salah satu teknologi terbaru yang memengaruhi kehidupan orang, terutama bagi siswa. Peneliti memperhatikan bahwa beberapa tahun terakhir, sebagian besar siswa UniversitasSasbrawijaya telah menggunakan smartphone mereka di dalam dan di luar kelas. Dari survei kasual, peneliti mengetahui bahwa siswa UniversitasSasbrawijaya menggunakan smartphone mereka untuk membantu mereka dalam studi seperti menemukan modul atau materi online, dan sebagainya. Berdasarkan temuan ini, peneliti ingin mengetahui persepsi siswa dalam hal bagaimana mereka menggunakan smartphone mereka, terutama pemikiran mereka tentang smartphone sebagai media untuk belajar bahasa Inggris. Peserta penelitian ini adalah seratus mahasiswa Bahasa Inggris dan Program Pendidikan Batch 2013. Thereseacher menggunakan pendekatan kuantitatif dalam desain survei. Desain survei adalah prosedur dalam penelitian kuantitatif di mana survei atau kuesioner diberikan kepada sekelompok kecil orang (disebut sampel) untuk mengidentifikasi tren dalam sikap, pendapat, perilaku, atau karakteristik kelompok besar (disebut populasi) . Berdasarkan temuan, diasumsikan bahwa lamanya waktu yang dimiliki siswa dalam memiliki smartphone memainkan peran penting pada persepsi mereka. Dengan demikian, para siswa yang memiliki pengetahuan latar belakang tentang penggunaan smartphone, mereka menganggap bahwa itu bisa menjadi media untuk mempelajari apa pun dan kapan saja mereka butuhkan. Temuan menunjukkan bahwa siswa juga memiliki pengalaman dalam menggunakan smartphone untuk belajar bahasa Inggris. Mereka menggunakan smartphone untuk kamus, mempelajari kosakata, mendengarkan file audio, dan untuk melakukan latihan bahasa Inggris. Ini dapat disimpulkan bahwa siswa menyadari dengan salah satu fungsi smartphone yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran, terutama bahasa Inggris. Temuan selanjutnya adalah tentang persepsi mereka tentang menggunakan smartphone saat ini dan di masa depan. Itu menunjukkan bahwa siswa masih menggunakan smartphone mereka untuk belajar bahasa Inggris dan ingin menggunakannya terutama untuk keterampilan belajar dan sub-keterampilan yang mereka pilih. Mereka sadar bahwa smartphone dapat menjadi media untuk belajar tertentu atau semua keterampilan bahasa Inggris berdasarkan kebutuhan mereka. Selanjutnya, smartphone juga dapat menjadi motivasi yang baik bagi siswa untuk belajar bahasa Inggris dengan cara yang lebih menyenangkan karena mereka dapat mempelajarinya kapan saja dan di mana saja. Para dosen dapat menggunakannya untuk media dalam mengajar siswa dengan cara yang lebih menyenangkan dan efektif.

English Abstract

Smartphones become one of the latest technology that influence people’s life, especially for students. The researcher noticed that the last several years, most students of UniversitasBrawijaya have been using their smartphones inside and outside the class. From the casual survey, the researcher found out that the students of UniversitasBrawijaya use their smartphones to help them in study such as to find modules or materials online, and so on. Based on this finding, the researcher wants to know the students’ perception in terms of how they use their smartphones, especially their thought of smartphone as media for learning English. The participants of this study are a hundred students of English Language and Education Program batch 2013. Thereseacher employs a quantitative approach in survey design. Survey design is a procedure in quantitative research in which a survey or questionnaire is administered to a small group of people (called the sample) to identify the trends in attitudes, opinions, behaviors, or characteristics of large group of people (called the population). Based on the findings, it is assumed that the length of time the students have in possessing smartphones plays important role on their perception. Thus, the students who have background knowledge of the use of smartphones, they perceive that it can be a media for learning anything and anytime they need. The findings showed that the students also have experiences in using smartphones for learning English. They used smartphones for dictionary, learning vocabulary, listening to audio files, and to do English exercise.It can be concluded that the students are aware with one of the function of smartphones that can be used as media of learning, especially English. The next finding was about their perceptions about using smartphones in present and in the future. It showed that the students still used their smartphones to learn English and would like using it especially for learning skills and sub-skills that they chose. They are aware that smartphones can be a media for learning certain or all skills of English based on their need. Furthermore, smartphones also can be a good motivation for students to learn English in a more fun way because they can learn it anytime and anywhere. The lecturers can use it for media in teaching students in a more fun and effective way too.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/182/051701099
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 27 Feb 2017 13:05
Last Modified: 19 Oct 2021 19:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102824
[thumbnail of NISA_EKA_APRILIA_115110500111071_(artikel).pdf]
Preview
Text
NISA_EKA_APRILIA_115110500111071_(artikel).pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of NISA_EKA_APRILIA_115110500111071_(skripsi).pdf]
Preview
Text
NISA_EKA_APRILIA_115110500111071_(skripsi).pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item