Borrowing Used By Students At Vocational High School 3 Malang In Culinary Class

Koesnanto, AudizuriaIndahsari (2017) Borrowing Used By Students At Vocational High School 3 Malang In Culinary Class. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pinjaman adalah fenomena bahasa yang terjadi karena perkembangan globalisasi di era ini. Globalisasi memaksa kita untuk berkomunikasi dan berbagi informasi satu sama lain di seluruh dunia. Sebagai konsekuensinya, beberapa bahasa dari negara lain telah memengaruhi cara bahasa Indonesia menggunakan bahasa sebagai media untuk berkomunikasi. Dengan demikian, orang Indonesia terkadang meminjam beberapa kata dari bahasa lain. Menurut Yule (2010), meminjam mengambil alih kata-kata dari bahasa lain. Penelitian ini mengamati kata-kata pinjaman dan pola pinjaman yang ditemukan dan digunakan oleh siswa program layanan katering di sekolah menengah kejuruan 3 Malang yang merupakan sekolah menengah pertama yang paling terkenal di Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kata-kata pinjaman yang digunakan oleh siswa di sekolah menengah kejuruan 3 Malang di kelas kuliner, 2) untuk mengetahui pola pinjaman yang digunakan oleh siswa di sekolah menengah kejuruan. Penelitian ini menerapkan analisis kualitatif karena penulis melakukan penelitian dengan mencatat percakapan siswa sementara mereka berada di kelas kuliner dan juga menganalisis kata pinjaman dan pola-polanya dengan menggunakan teori Baker dan Jones (1998) dari pola pinjaman, lompatan pinjaman. dan pinjaman. Peserta penelitian adalah guru dan siswa kelas pengusaha layanan katering XII. Penulis mentrotkripsi percakapan, mengumpulkan data dan mengkategorikannya ke dalam setiap pola. Temuan ini menunjukkan bahwa berdasarkan data, penulis menemukan 119 kata pinjaman yang digunakan oleh siswa di sekolah menengah kejuruan 3 Malang ketika mereka berada di kelas kuliner. Ini terdiri dari 94 kata pinjaman dan 25blend. Dalam penelitian ini, penulis hanya menemukan dua dari tiga pola pola pinjaman yang merupakan kata pinjaman dan pinjaman yang digunakan oleh siswa di sekolah menengah kejuruan 3 Malang. Penulis menyarankan penulis berikutnya yang berupaya melakukan topik penelitian yang sama yaitu meminjam untuk menganalisis beberapa objek dari sumber data yang berbeda. Penulis juga menyarankan penulis berikutnya untuk menyelidiki apa alasan menggunakan kata pinjaman ini dan apa manfaat menggunakan kata pinjaman.

English Abstract

Borrowing is a phenomenon of language which occurs due to the development of globalization in this era. Globalization forces us to communicate and share information to each other around the world. As the consequence, some languages from other countries have influenced the way of Indonesian uses language as a media to communicate. Thus, Indonesian sometimes borrow some words from other language. According to Yule (2010), borrowing is taking over of words from other languages. This study observed the borrowing words and the patterns of borrowing that are found and used by catering service program’s student at Vocational High School 3 Malang which is the most famous vocational high school in Malang. The aims of the study are: 1) to find out the borrowing words used by students at Vocational High School 3 Malang in culinary class, 2) to find out the pattern of borrowing used by students at Vocational High School 3 Malang. This study applied qualitative analysis because the writer conducted the study by recording the student conversation while they were in culinary class and also analyzing the borrowing word and its patterns by using the Baker and Jones (1998) theory of Patterns of borrowing which are loanword, loanshift and loanblend. The participants of the research are the teacher and the students of XII catering service entrepreneur class. The writer transcribed the conversation, collected the data and categorized them into each patterns. The finding showed that based on the data, the writer found 119 borrowing words used by students at Vocational High School 3 Malang while they were in culinary class. It consists of 94 loanwords and 25 loanblend. In this study, the writer only found two out of three patterns of borrowing which are loanword and loanblend used by the students at Vocational High School 3 Malang. The writer suggests the next writer who attempts to conduct the same topic of the study which is borrowing to analyze some objects from different data sources. The writer also suggests the next writer to investigate what are the reasons of using this borrowing word and what are the benefits of using borrowing word.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/154/051701043
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 20 Feb 2017 08:56
Last Modified: 19 Oct 2021 06:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102793
[thumbnail of Audizuria_Indahsari_Koesnanto_135110107111015_Scientific_Journal.pdf]
Preview
Text
Audizuria_Indahsari_Koesnanto_135110107111015_Scientific_Journal.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Audizuria_Indahsari_Koesnanto_135110107111015_Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
Audizuria_Indahsari_Koesnanto_135110107111015_Undergraduate_Thesis.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item