Penelitian Metode Pengajaran Bahasa Mandarin Di Kelas Iv Sekolah Dasar My Little Island

Utomo, LaksmitaPrastiwi (2017) Penelitian Metode Pengajaran Bahasa Mandarin Di Kelas Iv Sekolah Dasar My Little Island. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

朱芳华(Zhū Fānghuá) menyatakan bahwa: pengajaran bahasa Mandarin sebagai bahasa asing merupakan pengajaran bahasa Mandarin bagi pemelajar dengan bahasa ibu nonberbahasa Mandarin. Pengajaran ini menekankan pada pelatihan dan penguasaan terhadap kemampuan menggunakan bahasa Mandarin, termasuk teknik dan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Mandarin. Oleh karena itu, target pengajarannya bukan agar pemelajar memahami dan menguasai pengetahuan tentang bahasa tersebut. Dalam pencapaian kemahiran berbahasa diperlukan metode yang tepat agar pembelajar bahasa dapat menyerap informasi dengan maksimal apalagi, dalam mempelajari bahasa kedua yang membutuhkan seorang ahli. Skripsi ini menjelaskan tentang metode pengajaran kemahiran berbahasa Mandarin yang digunakan di Sekolah Dasar My Little Island Malang. Pembahasan kemahiran berbahasa Mandarin ini mencakup kemahiran menyimak (听 tīng), berbicara (说 shuō), membaca (读 dú), menulis (写 xiě). Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV yang terdiri dari dua kelas yaitu IV A dan IV B. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode observatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan metode apa saja yang digunakan dalam pencapaian kemahiran-kemahiran dalam berbahasa Mandarin.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/152/051701041
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.1 Chinese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Cina
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 27 Feb 2017 10:36
Last Modified: 19 Oct 2021 06:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102791
[thumbnail of ARTIKEL_ILMIAH.pdf]
Preview
Text
ARTIKEL_ILMIAH.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item