Ramadhan, Wahyu (2017) A Stylistic Analysis on Slogan of Printed Beverage Advertisement in Sloganpoint.com. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Stalistika dalam linguistik mengacu kepada identifikasi pola dalam pengunaan pidato dan tulisan. Tujuan dari analisis stalistika adalah untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasikan unsur bahasa yang digunakan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan 3 perangkat linguistik yaitu tingkat fonologi, tingkat sintaktik, dan tingkat semantik. Rumusan masalahnya adalah: Apa saja perangkat stalistika yang ditemukan dalam slogan iklan minuman di Sloganspoint.com. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menganalisis karena berhubungan dengan data bahasa dan komponennya. Penulis menggunakan Sloganspoint.com sebagai sumber data. Data yang digunakan adalah 20 slogan iklan minuman. Hasil dari analisis, menunjukkan bahwa ada 4 perangkat dalam tingkatan fonologi, yaitu: Aliterasi, Asonansi, Consonansi, Pengulangan. Dalam tingkatan sintaktik penulis menemukan 3 tipe, yaitu: Frasa nomina, Frasa verba, dan Kalimat. Dalam tingkatan semantik penulis menemukan 2 tipe, yaitu: Hiperbola dan personifikasi.penulis menyimpulkan bahwa penggunaan slogan dalam iklan adalah untuk menginformasikan puncak fitur produk secara singkat dan jelas. Untuk peneliti selanjutnya, penulis berharap bahwa peneliti selanjutnya dapat mengadakan terminology linguistic dengan bidang yang berbeda serta menggunakan studi objek yang berbeda pula, misalnnya teks pidato, novel, lirik, film, dsb.
English Abstract
Stylistic in linguistic refers to the identification of patterns of usage in speech and writing. The purpose of stylistic analysis is to identify and classify the element of language being used. In this study the writer uses 3 linguistic devices there are phonology level, syntactic level, and semantic level. The problem of study is: What stylistic devices are found in the slogan of printed beverage advertisements in Sloganspoint.com. This study used qualitative method to analyze since it deals with the language data and its component. The writer used Sloganpoint.com as the source of data. The data were 20 slogans of beverage advertisements. The analysis of stylistic were based on the levels of language using theories proposed by Arp and Johnson, Luders, and Meyer. Analisis stalistika berdasarkan tingkatan bahasa menggunakan teori dari Arp dan Johnson, Luders, dan Meyer. The result of the analysis, indicates that there are 4 devices in phonology level namely: Alliteration, Assonance, Consonance, and Repetition. In syntactic level, the writer found 3 types namely: Noun phrase, Verb phrase, and Sentence. Furthermore, in semantic level, the writer found 2 types namely: Hyperbole, and Personification. The writer concluded that the use of slogan in advertisement is to inform the highlight of product feature in brief and clear. For the next researcher, the writer hopes that the future researcher can conduct other kind of linguistic terms and use different object of the study such as speech, novel, lyric, movie, etc.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2017/13/051700526 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Sugiantoro |
Date Deposited: | 02 Feb 2017 09:26 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 04:17 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102766 |
Preview |
Text
THESIS_-_WAHYU_RAMADHAN_115110100111071_-_A_STYLISTIC_ANALYSIS_OF_SLOGAN_ON_PRINTED_BEVERAGE_ADVERTISEMENTS_IN_SLOGANSPOINTCOM.pdf Download (8MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |