Slang Language Teaching In Senior High Schools In Malang: A Teacher’s Perspective

Setyowati, Rahayu (2017) Slang Language Teaching In Senior High Schools In Malang: A Teacher’s Perspective. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sosiolinguistik adalah studi tentang bahasa dan sosial di mana orang-orang menggunakan bahasa secara berbeda dalam konteks sosial yang berbeda, seperti bahasa gaul. Slang adalah bahasa informal dan bahasa yang tidak standar. Biasanya orang menggunakan gaul dalam komunikasi harian mereka. Gaul sering digunakan oleh kaum muda atau siswa, tetapi beberapa sekolah tidak mengajarkan gaul kepada siswa mereka. Hal ini dapat dilihat dari sekolah menengah atas di Malang yang tampaknya tidak termasuk gaul dalam kegiatan belajar mengajar bahasa Inggris. Berdasarkan fenomena tersebut, peneliti ingin tahu dengan alasan mengapa gaul tidak diajarkan oleh para guru. Penelitian ini hanya berfokus pada pengajaran bahasa slang di sekolah menengah atas dari perspektif guru. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif deskriptif. Para peserta penelitian ini adalah guru bahasa Inggris di sekolah menengah atas di Malang. Peneliti mengumpulkan data menggunakan kuesioner yang didistribusikan ke guru bahasa Inggris serta merekam dan melakukan wawancara dengan beberapa guru. Catatan lapangan juga digunakan untuk merekam peneliti apa yang ditemukan di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar guru bahasa Inggris tidak menggunakan bahasa slang di kelas dan mereka tidak mengajarkan bahasa slang di kelas. Namun, guru-guru bahasa Inggris memberikan informasi tentang gaul ketika siswa bertanya atau menggunakannya. Beberapa peserta gaul bekas untuk mengurangi suasana proses pembelajaran yang terlalu serius. Beberapa peserta mengajarkan gaul hanya untuk memperkaya pengetahuan siswa. Beberapa saran disajikan untuk guru bahasa Inggris dan peneliti lebih lanjut. Untuk guru bahasa Inggris, ia harus mengetahui perkembangan bahasa atau gaul dan kadang-kadang mereka harus menggunakan bahasa gaul untuk mengurangi kelas yang terlalu serius. Sehingga para siswa tidak salah paham ketika mereka mendengarkan atau berbicara di luar kelas. Untuk peneliti lebih lanjut, disarankan agar mereka dapat melakukan penelitian yang lebih dalam tentang mengajar gaul untuk tingkat yang berbeda seperti tingkat universitas atau dalam kursus bahasa Inggris.

English Abstract

Sociolinguistics is a study on language and social where the people use language differently in different social context, such as slang. Slang is informal language and non-standard language. Usually people use slang in their daily communication. Slang is often used by young people or students, but some schools do not teach slang to their students. It can be seen from senior high schools in Malang that seem not to include slang in English teaching learning activities. Based on the phenomenon, the researcher is curious with reasons why slang is not taught by the teachers. This study only focuses on the slang language teaching in senior high schools from the teachers’ perspective. This study uses descriptive qualitative design. The participants of this study are English teachers in senior high schools in Malang. The researcher collected the data using the questionnaire which was distributed to English teachers as well as recording and conducting interviews with some of the teachers. Field note was also employed to record what researcher found in the field. The result of this study shows that most of the English teachers did not use slang language in the classroom and they did not teach slang language in class. However, the English teachers gave information about slang when the students asked or used it. Few of participants the used slang to reduce too serious atmosphere of the teaching learning process. Few of the participants taught slang just to enrich the students’ knowledge. Some suggestions are presented for the English teacher and further researcher. For the English teacher, she or he should know the development of language or slang and sometimes they should use slang to reduce too seriousness class. So that the students does not have misunderstanding when they listen or speak outside of class. For the further researcher, it is suggested that they can conduct deeper research about teaching slang for different level such as university level or in English course.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/128/051701017
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 22 Feb 2017 10:12
Last Modified: 19 Oct 2021 04:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102764
[thumbnail of RAHAYU_SETYOWATI._125110507111005._SLANG_LANGUAGE_TEACHING_IN_SENIOR_HIGH_SCHOOLS_IN_MALANG,A_TEACHER'S_PERSPECTIVE._SCIE~1.pdf]
Preview
Text
RAHAYU_SETYOWATI._125110507111005._SLANG_LANGUAGE_TEACHING_IN_SENIOR_HIGH_SCHOOLS_IN_MALANG,A_TEACHER'S_PERSPECTIVE._SCIE~1.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item