An Analysis On Politeness Strategies Used In Indomaret Mayjen Panjaitan Malang

Wulandari, Catur (2017) An Analysis On Politeness Strategies Used In Indomaret Mayjen Panjaitan Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kesopanan adalah budaya, dan semua budaya menghormati orang-orang yang sopan. Orang-orang biasanya melakukan tindakan yang dapat mengancam lawan bicara, dan ada dua jenis strategi kesopanan untuk meminimalkan FTA. Teori Politeness, khususnya strategi kesopanan digunakan oleh penelitian dalam menganalisis strategi kesopanan yang digunakan di Indomaret yang antara karyawan dan pelanggan, dan antara karyawan kepada karyawan lain, karena peneliti ingin menyajikan jenis strategi kesopanan yang digunakan oleh karyawan di Indomaret. . Dalam penelitian ini, ada dua masalah yang harus diselesaikan, yaitu: (1). Apa jenis strategi kesopanan digunakan oleh karyawan kepada pelanggan di Indomaret Mayjen Pajang Malang. (2). Jenis strategi kesopanan apa yang digunakan oleh karyawan kepada karyawan lain di Indomaret Mayjen Panjaitan Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, itu termasuk dalam analisis dokumen. Dalam menganalisis data, peneliti hanya memilih ucapan yang mengandung strategi FTA dan kesopanan, maka penelitian analisis data menggunakan teori Brown dan Levinson. Hasil penelitian ini adalah, bahwa ada 19 ucapan yang mengandung FTA. Dari 19 ucapan, 12 dilakukan dengan strategi kesopanan positif, dan 7 dilakukan dengan strategi kesopanan negatif. Tindakan yang paling sering digunakan adalah `meminta sesuatu`. Karyawan sering menggunakan strategi kesopanan positif ketika ia melayani cutomer, karena ia ingin bersikap sopan, dan untuk mendekati pelanggan dengan baik. Komunikasi dari karyawan ke karyawan lain sebagian besar menggunakan strategi kesopanan negatif, karena karyawan tidak ingin melakukan kegiatan yang sama atau tujuan yang sama dengan karyawan lain, itu menunjukkan bahwa ia ingin bebas dari pengenaan. Dapat disimpulkan bahwa karyawan yang melayani pelanggan sering menerapkan strategi kesopanan positif, dan ketika karyawan berbicara kepada karyawan lain, ia sering menggunakan strategi kesopanan negatif. Untuk penelitian berikutnya penulis menyarankan mereka mencari objek lain dan menggunakan teori lain untuk memperkaya analisis dalam penelitian lebih lanjut. Subjek baru dan teori-teori baru membuat penelitian berbeda dari yang lain, dan dapat mengembangkan penelitian.

English Abstract

Politeness is a culture, and all culture respect people who are polite. People usually perform acts that can threat the interlocutors, and there are two types of politeness strategies to minimize the FTA. Politeness theory, in particular politeness strategies are used by the reseacher in analyzing the politeness strategies used in Indomaret which is between Employee and customer, and between employee to other employee, because the reseacher wants to present the types politeness strategies used by the employees in Indomaret. In this study, there are two problems to be solved, they are : (1).What types of politeness strategies are used by the employee to the customer in Indomaret Mayjen Pajaitan Malang. (2). What types of politeness strategies are used by employee to other employee in Indomaret Mayjen Panjaitan Malang. This study uses qualitative research, it is included in document analysis. In analyzing the data, the reseacher only chooses utterances containing FTA and politeness strategies, then the reseacher analyzes the data uses Brown and Levinson‟s theory. The result of this study is, that there are 19 utterances containing FTA. Out of the 19 utterances, 12 are performed with positive politeness strategy, and 7 are performed with negative politeness strategy. The act which is most frequently used is “asking for something”. The employee frequently uses positive politeness strategy when he serves the cutomer, because he wants to be polite, and to approach the customer well. The communication from employee to other employee mostly uses negative politeness strategy, because the employee does not want to do the same activity or the same goal with the other employee, it shows that he wants to be free from imposition. It can be concluded that Employee serving the customers applies positive politeness strategy frequently, and when the employee talks to other employee, he frequently uses negative politeness strategy. For the next reseachers the writer suggests them search other objects and use other theories to enrich the analysis in the further research. The new subject and new theories make the research different from others, and it can develop the research.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/120/051701009
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 24 Feb 2017 14:04
Last Modified: 19 Oct 2021 03:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102756
[thumbnail of Catur_Wulandari_(135110107111009)_An_Analysis_on_Politeness_Strategies_Used_in_Indomaret_Mayjen_Panjaitan_.pdf]
Preview
Text
Catur_Wulandari_(135110107111009)_An_Analysis_on_Politeness_Strategies_Used_in_Indomaret_Mayjen_Panjaitan_.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Catur_Wulandari_(_135110107111009)_An_Analysis_on_Poitenesss_Strategies_Used_in_Indomaret_Mayjen_Panjaitan.pdf]
Preview
Text
Catur_Wulandari_(_135110107111009)_An_Analysis_on_Poitenesss_Strategies_Used_in_Indomaret_Mayjen_Panjaitan.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item