Pratidina, RamadhaniRosa (2017) The Pre-Service Teachers’ Problems In Developing Instructional Media. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Banyak siswa dari program pendidikan bahasa Inggris Fakultas Studi Budaya di Universitas Brawijaya masih memiliki tantangan dalam mengembangkan media pembelajaran yang tepat ketika mereka melakukan program magang atau PPL (Praktek Pengalaman Lapangan). Mereka masih menghadapi banyak masalah yang dipertanyakan dengan pengembangan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah pra-jabatan `dan untuk mengidentifikasi penyebab masalah dalam pembuatan media pengajaran. Penelitian ini menggunakan survei deskriptif karena upaya untuk mengetahui masalah pra-jabatan `masalah dalam mengembangkan media pembelajaran dan memberikan deskripsi yang jelas tentang penyebab masalah. Subjek penelitian adalah enam puluh dari 148 guru pra-jabatan dari program pendidikan bahasa Inggris, Fakultas Studi Budaya di Universitas Brawijaya. Dalam proses pengumpulan data, dua teknik digunakan, mereka adalah kuesioner dan wawancara. Kemudian, data dianalisis secara kuantitatif untuk lebih disajikan secara komprehensif dengan data dari wawancara untuk mendapatkan penjelasan yang mendalam tentang kondisi nyata. Untuk meningkatkan validitas data, proses triangulasi dilakukan oleh Croos-memeriksa data yang diperoleh dari dua teknik pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam kriteria pemilihan media, (≥10%) dari guru pra-jabatan tidak mempertimbangkan ketersediaan waktu dalam membuat media pembelajaran. Insm dari prinsip-prinsip media pembelajaran, guru pra-jasa juga sering menemukan masalah dalam mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan subjek (19%) dan itu ekonomis (19%). Selain itu, guru pra-jabatan sering menemukan masalah yang berkaitan dengan waktu terbatas untuk membuat media pembelajaran (18 respons) dan kurangnya kreativitas dalam membuat media pengajaran (11 respons). Kurangnya persiapan dan waktu terbatas menjadi hambatan bagi guru pra-jabatan. Guru pra-jasa juga membuat dan menerapkan media pembelajaran di depan kelas tanpa meminta pendapat siswa dan mereka tampaknya tidak tahu bagaimana media pembelajaran sesuai dengan kelas. Hampir semua guru pra-jabatan memiliki prinsip bahwa `media besar adalah media yang baik`, karena dapat membuat siswa antusias dan tertarik pada pelajaran. Namun, media besar menghabiskan banyak uang dan membutuhkan lebih sedikit kreativitas. Berdasarkan temuan, disarankan untuk guru pra-jabatan untuk memiliki lebih banyak persiapan dan menghabiskan lebih banyak waktu dalam pengembangan media pembelajaran. Dengan demikian, mereka harus memiliki lebih banyak kreativitas dan pengalaman dalam mengembangkan media pembelajaran. Untuk sekolah, disarankan untuk menyediakan mendukung penggunaan media pembelajaran. Untuk program pendidikan bahasa Inggris, disarankan untuk menambahkan bahan VIII tentang masalah, sebab, dan solusi terkait media pembelajaran dalam program persiapan program magang, karena guru pra-jabatan Inggris tidak tahu bagaimana menyelesaikan masalah di media pengajaran yang sedang berkembang. Untuk peneliti lebih lanjut, mereka disarankan untuk melakukan penelitian serupa dalam mencari tahu solusi masalah dalam mengembangkan media pembelajaran.
English Abstract
Many students of English Language Education Program Faculty of Cultural Studies in Universitas Brawijaya still have a challenge in developing appropriate instructional media when they conducted their internship program or PPL (Praktek Pengalaman Lapangan). They still faced many problems pertinent with instructional media development. This present study aims to identify the pre-service teachers‟ problems and to identify the cause of the problems in making the instructional media. This study used descriptive survey as it attempts to find out the pre-service teachers‟ problems in developing instructional media and give clear description about the causes of the problems. The subjects were sixty out of 148 pre-service teachers from English Language Education Program, Faculty of Cultural Studies in Universitas Brawijaya. In the process of data collection, two techniques were used, they were questionnaire and interviews. Then, the data were analyzed quantitatively to be further presented comprehensively with the data from interview in order to get deep explanations of the real condition. For enhancing the validity of the data, triangulation process was done by croos-checking the data gained from those two techniques of data collection. The result of this study shows that in the criteria of selecting media, (≥10%) of the pre-service teachers did not consider the availability of the time in making instructional media. Interms of the principles of instructional media, the pre-service teacher also often find problems in developing instructional media that is suitable with the subject (19%) and that is economical (19%). Furthermore, the pre-service teachers often find problems related to the limited time to make instructional media (18 responses) and lack of creativity in making the instructional media (11 responses). Lack of preparation and a limited time become obstacles for the pre-service teachers. The pre-service teacher also made and apply instructional media in front of the class without asking the students‟ opinion and they did not seem to know how the instructional media suits the class. Almost all the pre-service teachers have the principle that “big media is good media”, because it can make the students enthusiastic and interested in the lesson. Yet, the big media cost a lot money and requires less creativity. Based on the findings, it is suggested for the pre-service teachers to have more preparation and spend more time in the development of instructional media. Thus, they should have more creativity and experience in developing instructional media. For the school, it is suggested to provide supporting the instructional media uses. For the English Language Education Program, it is suggested to add viii materials about problems, cause, and solution related to Instructional media in the preparation program of the internship program, because the pre-service teachers English teachers do not know how to solve the problem in the developing instructional media. For the further researcher, they are suggested to conduct similar research in finding out solution of the problems in developing instructional media.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2017/117/051701006 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 22 Feb 2017 10:03 |
Last Modified: | 20 Feb 2024 03:52 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102752 |
![]() |
Text
RAMADHANI ROSA PRATIDINA 2.pdf Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |