Implementasi Program Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan PT.Kaltim Prima Coal Pada Program Desa Mandiri Di Desa Sangatta Selatan Kabupaten Kutai Timur

Tamara, Aditya (2018) Implementasi Program Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan PT.Kaltim Prima Coal Pada Program Desa Mandiri Di Desa Sangatta Selatan Kabupaten Kutai Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang implementasi program tanggung jawab sosial dan lingkungan PT.Kaltim Prima Coal pada program desa mandiri, khsusnya pada penguatan badan usaha milik desa di desa Sangatta Selatan Kabupaten Kutai Timur. Selain itu, program ini juga memaparkan bagaimana kendala-kendala yang dihadapai dalam proses implementasi dan juga siapa saja pihak-pihak yang terlibat dalam proses implementasi. Program ini bertujuan untuk menciptakan kemandiran masyarakat desa agar tidak lagi bergantung pada bantuan-bantuan khususnya bantuan yang hanya bersifat charity/dana sumbangan. Program ini di usung oleh PT.Kaltim Prima Coal sebagai salah satu bentuk dari kebijakan tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan kepada masyarakat sekitar tambang. Dalam penelitian ini digunakan teori implementasi kebijakan model Merilee S.Grindle. Dengan menggunakan teori ini, peneliti dapat menjelaskan bagaimana keberhasilan suatu kebijakan dapat terwujud dengan melhat aspek siapa saja yang terlibat, manfaat apa saja yang didapat, dan menjelaskan pula apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat saat proses implementasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa imlementasi program desa mandiri di desa Sangatta Selatan sudah tepat sasaran. Program ini difokuskan pada penguatan Badan Usaha Milik Desa karena dianggap dapat menumbuhakan kemandirian masyarakat dan meningkatkan ekonomi desa. Namun pelatihan-pelatihan kepada masyarakat harus dilakukan secara intensif oleh pihak PT.Kaltim Prima Coal karena pengetahuan masyarakat di desa Sangatta masih sangat minim. Banyak bantuan-bantuan dari pemerintah yang tidak berjalan karena kurangnya pelatihan kepada masyarakat. Selain itu impelementasi program ini juga harus dijalakan secara merata ke setiap desa di kabupaten kutai timur karena terjadi kecemburan sosial akibat program desa mandiri yang tidak merata ke tiap-tiap desa.

English Abstract

This research explains about the implementation of corporate social responsibility and environment program of PT.Kaltim Prima Coal in independent village program, especially for strengthening the village owned business entity in South Sangatta village of East Kutai District. In addition, this program also describes how the constraints faced in the implementation process and also who the parties involved on the implementation process. This program aims to create an independence of rural communities in order not to rely on aid, especially charity donations. This program is in stretcher by PT.Kaltim Prima Coal as one form corporate social responsibility and environmental policy to the community around the mine area. This study was used the theory of policy implementation of Merilee S.Grindle model. By using this theory, researchers can explain how the success of a policy can be realized by looking at the aspect of who is involved, what benefits are obtained, and also explain what are the supporting and inhibiting factors during the implementation process. The results of this study was indicated that the implementation of an independent village program in the village of Sangatta Selatan has been well targeted. This program wass focused on strengthening the Village Owned Enterprise because it is considered to be able to grow community independence and improve the village economy. However, the training to the community should be done intensively by PT.Kaltim Prima Coal because the knowledge of the people in Sangatta village is still very low. Many government aid is not working because of lack of training to the community. In addition, the implementation of this program should also be evenly distributed to every village in all eastern Kutai district due to social incidents due to uneven village program that is uneven to each village.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/102/051802558
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Tanggung Jawab Sosial, PT Kaltim Prima Coal
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) > 320.8 Local government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 May 2018 02:48
Last Modified: 18 Oct 2021 03:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10274
[thumbnail of Aditya Tamara.pdf]
Preview
Text
Aditya Tamara.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item