A Sociolinguistics Analysis Of Slang Terms Found In Stand Up Comedy Indonesia

Apriliani, Vera (2017) A Sociolinguistics Analysis Of Slang Terms Found In Stand Up Comedy Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sosiolinguistik berkaitan dengan menyelidiki hubungan antara bahasa dan masyarakat dengan tujuan menjadi pemahaman yang lebih baik atau struktur bahasa dan bagaimana bahasa berfungsi dalam komunikasi. Ada banyak jenis variasi bahasa, salah satunya adalah slang. Slang adalah berbagai bahasa yang digunakan dalam konteks tertentu dengan makna yang orang-orang mengekspresikan perasaan mereka pada kelompok tertentu dalam masyarakat yang tidak spesifik untuk setiap lokasi geografis. Penulis melakukan penelitian tentang bahasa gaul di Comedy Stand Up Indonesia atau Suci untuk menyelesaikan tiga masalah, yaitu: (1) Apa itu bahasa slang yang digunakan di Suci. (2) Apa jenis istilah gaul yang digunakan dalam Suci dan (3) Apa fungsi menggunakan bahasa slang di Suci. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sehubungan dengan penggunaan deskripsi yang jelas dan sistematis tentang fenomena yang sedang dipelajari yang diterapkan dalam penelitian ini untuk menganalisis kata-kata gaul yang digunakan dalam SUCI. Selain itu, dalam temuan dan diskusi menjelaskan bahwa penelitian ini mengungkapkan bahasa slang digunakan di Suci, mengidentifikasi jenis-jenis gaul, makna gaul dan fungsi-fungsi bahasa gaul yang digunakan dalam teori dari Chapman (1988). Berdasarkan analisis data, penulis menemukan 29 kata-kata slang yang digunakan dalam SUCI. Kemudian, penulis mengidentifikasi makna umum dan menganalisis makna tertentu menggunakan bahasa SLANG di SUCI. Dalam mengkategorikan jenis gaul, ada banyak gaul yang termasuk dalam gaul utama. Ada 16 kata slang dalam gaul utama dan 13 kata gaul dalam bahasa gaul sekunder. Kemudian, ada 6 funtion dari gaul tetapi penulis menganalisis hanya ada 3 funtions of slang yang digunakan oleh komik dari stand up comiby Indonesia. Akhirnya, penulis menyarankan agar para peneliti berikutnya dapat memperkaya bidang penelitian ini dan mungkin mengeksplorasi dengan banyak objek lainnya dengan teori gais yang berbeda. Ini akan sangat berguna untuk pengembangan pengetahuan terutama dalam analisis sosiolinguistik.

English Abstract

Sociolinguistics is concerned with investigating the relationships between language and society with the goal being a better understanding or the structure of language and of how languages function in communication. There are many kinds of language variation, one of them is slang. Slang is variety of language used in certain contexts by meaning of which people express their sense of belonging to a particular group within the community which is not specific to any geographic location. The writer conducted a study about slang in Stand Up Comedy Indonesia or SUCI to solve three problems, namely: (1) what are slang languages used in SUCI; (2) what are types of slang terms used in SUCI and (3) what are the functions of using slang language in SUCI. This study used qualitative approach in relation to the use of clear and systematic description about the phenomena being studied which is applied in this study to analyze the slang words used in SUCI. Moreover, in the findings and discussion explained that this present study reveals the slang language were used in SUCI, identifying the types of slang, the meanings of slang and the functions of slang used in SUCI based on theory from Chapman (1988). Based on the data analysis, the writer found 29 slang words used in SUCI. Then, the writer identified the common meaning and analyzed the particular meaning using slang in SUCI. In categorizing the types of slang, there are a lot of slang that are included in primary slang. There are 16 slang words in primary slang and 13 slang words in secondary slang. Then, there are 6 funtions of slang but the writer analyze there are only 3 funtions of slang used by comics of Stand Up Comedy Indonesia. Finally, the writer suggests that the next researchers can enrich the field of this study and possibly explore with other numerous object with different theory of slang. It will be very useful for the knowledge development especially in sociolinguistics analysis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/102/051700991
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 21 Feb 2017 12:51
Last Modified: 19 Oct 2021 03:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102736
[thumbnail of Vera_Apriliani_13511010101111017_Artikel_ilmiah.pdf]
Preview
Text
Vera_Apriliani_13511010101111017_Artikel_ilmiah.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Vera_Apriliani_135110101111017_Undergraduated_Thesis.pdf]
Preview
Text
Vera_Apriliani_135110101111017_Undergraduated_Thesis.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item