Meigloria, Fransiska (2017) Writing Style Analysis On Male And Female English Literature Students In Making Travel Writing For Creative Writing Class. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Ada kemungkinan bahwa orang memiliki perbedaan dalam menggunakan bahasa, baik itu diucapkan atau ditulis. Perbedaan-perbedaan tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah gender. Dalam penelitian ini, peneliti tertarik untuk menganalisis gaya penulisan yang digunakan oleh siswa sastra Inggris pria dan wanita dan menyelidiki jika ada perbedaan di antara mereka. Masalah penelitian yang disajikan dalam penelitian ini adalah: (1) Gaya penulisan seperti apa yang digunakan oleh sastra Inggris dan wanita Inggris dari siswa Universitas Brawijaya dalam membuat penulisan perjalanan? (2) Apa karakteristik sastra Inggris pria dan wanita dari mahasiswa Universitas Brawijaya dalam membuat penulisan perjalanan? (3) Apa perbedaan gaya penulisan antara sastra Inggris pria dan wanita dari siswa Universitas Brawijaya dalam membuat penulisan perjalanan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data adalah kalimat atau frasa yang ditemukan dalam tulisan-tulisan perjalanan siswa laki-laki dan perempuan. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teori-teori milik Haas (1979) dan Holmes (1998, dikutip dalam Wardhaugh, 2006). Ada enam tulisan, tiga dari mereka milik siswa laki-laki dan tiga lainnya milik siswa perempuan. Hasil analisis adalah: 1) Bentuk: Arahan dan Ekspresif, Hiperbolik, Gais dan Kata Sembuka. 2) Konten: penilaian nilai positif dan negatif. 3) Gunakan: menginformasikan, menegaskan, kuliah, mendukung, memerintahkan, dan berdebat, dan menunjukkan tentativitas. Selanjutnya, perbedaan antara siswa laki-laki dan perempuan adalah: 1) Ada jumlah siswa perempuan yang lebih tinggi yang fleksibel gaya dibandingkan dengan siswa laki-laki. 2) Meskipun semua siswa di kedua jenis kelamin adalah arahan, siswa laki-laki blunter sementara wanita betina lebih sensitif dalam memilih kata-kata mereka. 3) Para siswa laki-laki terbukti lebih dominan dan mempertahankan kekuatan dan status mereka sementara siswa perempuan mempertahankan solidaritas. Sebagai kesimpulan, siswa literatur Inggris pria dan wanita memiliki berbagai gaya penulisan. Mereka memiliki kesamaan. Sebagian besar siswa di kedua jenis kelamin menggunakan fungsi afektif, secara fleksibel gaya, dan memiliki kecenderungan untuk direktif. Namun, siswa perempuan memiliki kecenderungan yang lebih tinggi untuk secara fleksibel secara fleksibel dan mereka lebih sensitif tentang pilihan kata mereka dibandingkan dengan siswa laki-laki.
English Abstract
There is a possibility that people have differences in using language, either it is spoken or written. Those differences are affected by many factors, one of them is gender. In this study, the researcher is interested in analyzing the writing styles used by male and female English Literature students and investigating if there are any differences between them. The research problems presented in this study are: (1) what kind of writing styles are used by male and female English Literature of Universitas Brawijaya students in making travel writing? (2) What are the characteristics of male and female English Literature of Universitas Brawijaya students in making travel writing? (3) What are the writing style differences between male and female English Literature of Universitas Brawijaya students in making travel writing? This study used qualitative approach. The data were the sentences or phrases found in the travel writings of male and female students. In analyzing the data, the researcher used the theories that belong to Haas (1979) and Holmes (1998, cited in Wardhaugh, 2006). There were six writings, three of them belong to the male students and the other three belong to the female students. The results of the analysis are: 1) form: directive and expressive, hyperbolic, slangs and obscene words. 2) Content: positive and negative value judgment. 3) Use: inform, assert, lecture, support, command, and argue, and showing tentativeness. Furthermore, the differences between the male and female students are: 1) there is higher number of female students who are stylistically flexible compared to the male students. 2) Even though all of the students in both genders are directive, the male students are blunter while the female ones are more sensitive in choosing their words. 3) The male students are proven more dominant and maintaining their power and status while the female students are maintaining solidarity. As the conclusion, the male and female English Literature students have various writing styles. They have similarities; most of the students in both genders use affective function, are stylistically flexible, and have the tendency to be directive. However, the female students have higher tendency to be stylistically flexible and they are more sensitive about their word choices compared to the male students.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2017/100/051700989 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 21 Feb 2017 09:40 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 03:40 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102734 |
Preview |
Text
Undergraduate_Thesis_Fransiska_Meigloria_135110100111067.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |