Pramitasari, Ika (2016) Improving Students’ Achievement in Writing Recount Text Through Diary (A Classroom Action Research at Eighth Years Students SMP Negeri 01 Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Menulis adalah tindakan komunikatif, ini adalah cara berbagi informasi, pikiran, pengalaman, atau ide di antara orang-orang. Ini adalah keterampilan penting yang perlu dikuasai oleh siswa. Tanpa penguasaan keterampilan ini, akan sulit bagi siswa untuk memahami bahasa yang mereka pelajari. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan pada siswa kelas delapan SMP Negeri 01 Batu, ditemukan bahwa siswa memiliki masalah dalam keterampilan menulis, terutama dalam teks penghitungan ulang. Itu ditunjukkan oleh skor siswa secara tertulis, yaitu 55,1% atau 16 dari 29 siswa di bawah Kriteria Ketuntasan minimum (KKM) yaitu 77. Oleh karena itu, buku harian dipilih untuk membantu siswa mengatasi masalah mereka. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (mobil) sebagai desain penelitian dan dilakukan dalam satu siklus. Satu siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, mengamati dan mencerminkan tindakan. Subjek penelitian ini adalah 29 siswa VIII-A dari SMP Negeri 01 Batu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah buku harian siswa dan daftar periksa observasi. Diary digunakan untuk mengevaluasi pencapaian siswa dalam teks recount, dan daftar periksa observasi digunakan untuk mengamati bagaimana peneliti dan siswa melakukan sementara strategi tersebut diimplementasikan dari sudut pandang pengamat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi buku harian meningkatkan prestasi siswa dalam menulis teks recount. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari skor studi pendahuluan yaitu 44,9% atau 13 dari 29 siswa yang lulus skor minimum 77, meningkat menjadi 86,2% atau 25 dari 29 siswa dapat mencapai skor minimum. Ini menunjukkan bahwa kriteria keberhasilan telah dicapai karena 80% siswa dapat melewati skor minimum 77. Selain itu, ditemukan dari daftar periksa pengamatan siswa dalam siklus, para siswa berpartisipasi aktif, lebih banyak siswa memperhatikan Penjelasan peneliti dan juga lebih aktif dalam proses belajar mengajar. Selanjutnya, penelitian ini juga menawarkan beberapa saran. Dianjurkan untuk guru bahasa Inggris untuk menggunakan buku harian sebagai strategi untuk mengajar teks penghitungan ulang secara pribadi penghitungan kembali. Guru dapat menerapkan strategi dengan membuat siswa bekerja berpasangan untuk mendiskusikan cerita dan menghadirkan pekerjaan mereka di depan kelas. Untuk peneliti lebih lanjut, peneliti merekomendasikan untuk menerapkan buku harian sebagai strategi pada tingkat siswa yang berbeda dan menggunakan genre teks yang berbeda untuk mengetahui efektivitas strategi.
English Abstract
Writing is a communicative act, it is a way of sharing information, thoughts, experiences, or ideas among people. It is an important skill that needs to be mastered by students. Without the mastery of this skill, it will be difficult for the students to understand the language they learn. Based on the result of the preliminary study conducted on the eighth year students of SMP Negeri 01 Batu, it was found that the students had problem in writing skill, expecially in recount text. It was shown by the students’ score in writing, which were 55,1% or 16 out of 29 students below the Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) that was 77. Therefore, diary is chosen to help students to overcome their problem. This research used Classroom Action Research (CAR) as the research design and was conducted in one cycle. One cycle consists of planning, implementing, observing and reflecting the action. The subjects of this research were 29 students of VIII-A of SMP Negeri 01 Batu. The instruments used in this research were the students’ diary and the observation checklist. Diary was used to evaluate the students’ achievement in recount text, and the observation checklist were used to observe how the researcher and students were doing while the strategy was implemented from the observer’ point of view. The result of the research showed that the implementation of diary improves the students’ achievement in writing recount text. The improvement could be seen from the preliminary study scores that was 44,9% or 13 out of 29 students who passed minimum score 77, it increased into 86,2% or 25 out of 29 students could achieve the minimum score. It indicates that the criteria of success has been achieved as it was 80% of students could pass the minimum score 77. In addition, it was found from students’ observation checklist in the cycle, the students were participated actively, more students paid attention to the researcher’s explanation and were also more active in the teaching and learning process. Furthermore, this study also offers several suggestions. It is recommended for the English teacher to use diary as a strategy to teach recount text expecially personal recount. The teacher can implement the strategy by making students work in pairs to discuss the story and present their work in front of the class. For further researchers, the researcher recommends to apply diary as a strategy at different level of students and use different text genre to know the effectiveness of the strategy.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2016/9/051601144 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Indah Nurul Afifah |
Date Deposited: | 04 Mar 2016 10:00 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 03:27 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102718 |
Preview |
Text
SKRIPSI_IKA_PRAMITASARI_115110507111033.pdf Download (11MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |