Pengaruh Sakura Sebagai Bunga Nasional Terhadap Budaya Populer Jepang

Kurnia, UlfaMariaTri (2016) Pengaruh Sakura Sebagai Bunga Nasional Terhadap Budaya Populer Jepang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sakura atau yang dalam Bahasa Inggris disebut dengan Cherry Blossom merupakan salah satu bunga yang identik dengan Negara Jepang hingga negara ini dijuluki sebagai Negeri Sakura. Hal ini disebabkan oleh sejarah panjang Sakura di Jepang hingga mempengaruhi kebudayaan Jepang sehingga memunculkan kecintaan masyarakat Jepang yang tinggi terhadap Sakura. Hal tersebut pula menjadikan kepopuleran Sakura menjadi paling tinggi dibandingkan dengan bunga-bunga lain dan menjadikan Sakura sebagai bunga nasional dari Negara Jepang. Skripsi ini menggunakan konsep fudo, konsep bunga nasional, budaya populer, dan konsep budaya populer Jepang untuk meneliti penetapan Sakura sebagai bunga nasional yang mempengaruhi budaya populer Jepang. Hasil dari skripsi ini menunjukkan bahwa alasan penetapan Sakura sebagai bunga nasional Jepang berhubungan dengan sejarah panjang Sakura di Jepang sehingga mempengaruhi budaya Jepang sejak jaman dulu dan memunculkan kepercayaan-kepercayaan dalam masyarakat tentang Sakura hingga menjadikan Sakura sebagai simbol yang mewakili karakteristik negara Jepang. Sakura yang telah menjadi bunga nasional Jepang mempengaruhi budaya atau kebiasaan Jepang modern, salah satunya budaya populer, seperti yang terlihat pada produk makanan, minuman, makanan ringan, dessert, dan berbagai benda kebutuhan sehari-hari yang bertemakan Sakura.

English Abstract

桜は日本に関係があるひとつの花であり、故に日本が「桜の国」と言われ ている。なぜかと言うと、日本にある桜の長い歴史が日本の文化に影響を与 え、日本社会において桜に対する乗り気が生まれる。そのことで、桜はほか の花に比較されると人気度が圧倒的であり、桜も日本の国花として認定され ている。 この論文には風土の観念、国花の観念、大衆文化、又日本の大衆文化の観 念を通じて、国花になっている桜の認定が日本の大衆文化に対して影響を与 えることを研究する。 この論文の結果としては、国花としての桜の認定の理由は、日本にある桜 の歴史と関係があり、昔からの日本の文化に影響を与え続け、日本社会にお いて桜に対する信頼が表されることにより、桜が日本の特質を代表する象徴 となっていることが判明された。今は、国花となっている桜が近代的な文化 や常識などに影響を与え続けている。そのひとつは大衆文化において、桜を テーマにした飲食料品や日常品が数多く見かけられているものである。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/766/051700230
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 20 Jan 2017 13:37
Last Modified: 19 Oct 2021 02:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102685
[thumbnail of SKRIPSI_ULFA_MARIA_(125110200111015).pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_ULFA_MARIA_(125110200111015).pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item