Herdiana, AuliaArsinta (2016) Cara Belajar Kanji Dengan Menggunakan Kamus Digital Berbasis Android Dan Kamus Manual Terhadap Hasil Belajar Kanji Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2013. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Media dalam belajar kanji sangat beragam, salah satunya dengan menggunakan kamus. Kamus terbagi menjadi dua yaitu kamus manual dan kamus digital. Kedua kamus tersebut mempunyai dampak yang berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah 1) Bagaimana cara belajar kanji dengan menggunakan kamus manual di kalangan mahasiswa pendidikan bahasa Jepang angkatan 2013, 2) Bagaimana cara belajar kanji dengan menggunakan kamus digital berbasis android di kalangan mahasiswa pendidikan bahasa Jepang angkatan 2013, 3) Adakah pengaruh kamus manual dan kamus digital berbasis android terhadap hasil belajar kanji di kalangan mahasiswa pendidikan bahasa Jepang angkatan 2013 Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori belajar kognitif. Teori belajar kognitif yaitu belajar tidak hanya perubahan perilaku melainkan bagaimana cara-cara proses informasi yang masuk di dalam diri manusia. Selama perkembangannya, teori belajar kognitif dibagi menjadi empat model yaitu, belajar penemuan (Bruner), belajar bermakna (Ausubel), pemrosesan informasi (Gagne) dan perkembangan intelektual (Jean Piaget). Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian campuran. Sumber data berupa hasil wawancara, kuesioner dan KHS. Sampel penelitian sebanyak 58 orang dengan teknik pengambilan sampel random. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cara belajar kanji dengan menggunakan kamus manual yaitu dengan cara menulis. Cara yang digunakan informan sesuai dengan teori belajar kognitif model pemrosesan informasi (Gagne). Cara belajar kanji dengan menggunakan kamus digital berbasis android yaitu dengan cara menulis dan kuis. Cara kuis yang digunakan oleh informan sesuai dengan teori belajar kognitif model penemuan (Bruner). Dari hasil analisis data kuesioner dan KHS disimpulkan bahwa penggunaan kamus manual dan pilihan kamus berpengaruh terhadap hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2016/733/051612534 |
Subjects: | 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang |
Depositing User: | Sugiantoro |
Date Deposited: | 07 Dec 2016 10:33 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 14:05 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102660 |
Preview |
Text
skripsi_aulia_arsinta_h_125110601111009.pdf Download (6MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |