Cara Belajar Kanji Dengan Menggunakan Kamus Digital Berbasis Android Dan Kamus Manual Terhadap Hasil Belajar Kanji Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2013

Herdiana, AuliaArsinta (2016) Cara Belajar Kanji Dengan Menggunakan Kamus Digital Berbasis Android Dan Kamus Manual Terhadap Hasil Belajar Kanji Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2013. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Media dalam belajar kanji sangat beragam, salah satunya dengan menggunakan kamus. Kamus terbagi menjadi dua yaitu kamus manual dan kamus digital. Kedua kamus tersebut mempunyai dampak yang berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah 1) Bagaimana cara belajar kanji dengan menggunakan kamus manual di kalangan mahasiswa pendidikan bahasa Jepang angkatan 2013, 2) Bagaimana cara belajar kanji dengan menggunakan kamus digital berbasis android di kalangan mahasiswa pendidikan bahasa Jepang angkatan 2013, 3) Adakah pengaruh kamus manual dan kamus digital berbasis android terhadap hasil belajar kanji di kalangan mahasiswa pendidikan bahasa Jepang angkatan 2013 Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori belajar kognitif. Teori belajar kognitif yaitu belajar tidak hanya perubahan perilaku melainkan bagaimana cara-cara proses informasi yang masuk di dalam diri manusia. Selama perkembangannya, teori belajar kognitif dibagi menjadi empat model yaitu, belajar penemuan (Bruner), belajar bermakna (Ausubel), pemrosesan informasi (Gagne) dan perkembangan intelektual (Jean Piaget). Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian campuran. Sumber data berupa hasil wawancara, kuesioner dan KHS. Sampel penelitian sebanyak 58 orang dengan teknik pengambilan sampel random. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cara belajar kanji dengan menggunakan kamus manual yaitu dengan cara menulis. Cara yang digunakan informan sesuai dengan teori belajar kognitif model pemrosesan informasi (Gagne). Cara belajar kanji dengan menggunakan kamus digital berbasis android yaitu dengan cara menulis dan kuis. Cara kuis yang digunakan oleh informan sesuai dengan teori belajar kognitif model penemuan (Bruner). Dari hasil analisis data kuesioner dan KHS disimpulkan bahwa penggunaan kamus manual dan pilihan kamus berpengaruh terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/733/051612534
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 07 Dec 2016 10:33
Last Modified: 18 Oct 2021 14:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102660
[thumbnail of skripsi_aulia_arsinta_h_125110601111009.pdf]
Preview
Text
skripsi_aulia_arsinta_h_125110601111009.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item