Pengelolaan wisata Gunung Beruk studi kasus di Desa Wisata Karangpatihan Kecamatan Balong Ponorogo

Ananta, Awanda Rizki (2018) Pengelolaan wisata Gunung Beruk studi kasus di Desa Wisata Karangpatihan Kecamatan Balong Ponorogo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini diawali oleh realitas bahwa di Ponorogo banyak bermunculan daerah wisata baru dengan konsep desa wisata. Salah satu wisata yang paling mendapat sorotan adalah di Desa Karangpatihan Kecamatan Balong Ponorogo yaitu wisata Gunung Beruk. Dalam menganalisa pengelolaan wisata Gunung Beruk yang ada di Karangpatihan tersebut, peneliti menggunakan teori strukturasi dari Anthony Giddens. Peneliti menggunakan teori strukturasi dengan menitikberatkan peran agen atau aktor (Karangtaruna Wirataruna, Pemerintah Desa, LMDH, Dinas Pariwisata, Perhutani KPH Lawu DS dan Pemda Ponorogo) dan struktur (aturan dalam pengelolaan hutan Gunung Beruk sebagai daerah wisata yang dimiliki oleh para agen) yang berhubungan dalam sistem pengelolaan untuk menghasilkan praktik tindakan yaitu pengelolaan wisata Gunung Beruk di Desa Karangpatihan. Sementara itu metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan melakukan wawancara terhadap agen terkait serta dengan melakukan observasi terhadap pengelolaan wisata yang dilakukan oleh Karangtaruna Wirataruna dan peran beberapa agen lain dalam pembangunan wisata di Karangpatihan. Hasil dalam penelitian ini merujuk pada peran agen terkait pengelolaan Gunung Beruk masih di dominasi oleh agen utama yaitu Karangtaruna Wirataruna. Dominasi tersebut dapat dilihat dari hasil pemanfaatan wisata Gunung Beruk yang diambil alih oleh Karangtaruna. Legitimasi hukum, pengelolaan wisata Gunung Beruk telah mendapatkan izin yang sah dari Perhutani melaui Kesepakatan Bersama yang telah dibuat. Masalah yang ada adalah kerjasama pembagian hasil wisata yang belum disahkan oleh Perhutani sehingga untuk saat ini pengoptimalan wisata gunung beruk belum dapat maksimal karena tidak diperbolehkannya melakukan penarikan retribusi tiket masuk serta pengelolaan wisata yang belum dikelola secara profesional.

English Abstract

Research started by reality that in Ponorogo many springing tourist destinations new with the concept of the tourist village.One of tourism the most facing rejection is in the Karangpatihan Village subdistrict Balong Ponorogo the Beruk Mountain tourism.In analysis tourism management Beruk Mountain that is in Karangpatihan the, researchers used the theory strukturasi of Anthony Giddens.Researchers used the theory strukturasi with emphasises the role of an agent or actor ( Karangtaruna Wirataruna, the Village Administration, LMDH, tourism agency, Perhutani KPH Lawu DS and local government ponorogo and a structure ( rules in forest management mountain beruk for areas that have tourism by the an agent ) who deals in management systems to produce practices the act of venerating tourism management mountain beruk in the village Karangpatihan.Meanwhile methods used in this study was a qualitative methodology, by doing interviewing agent related and by doing Observation of tourism management conducted by Karangtaruna Wirataruna and role of some other agent in the development of tourism in Karangpatihan .It is based on research results in the role of agent regarding the management of the beruk still in the chief agent of domination by the Karangtaruna Wirataruna .The problem can be seen from the use of the tourism Beruk taken over by Karangtaruna .Legal legitimacy , Beruk Mountain tourism management already has license melaui owned forest enterprise for example of valid agreement which has been made .The problem there is cooperation the results had not yet been passed by tourism owned forest enterprise for example so as to current optimalyzed Beruk tourism the maximum because they could not make withdrawals after the ticket and tourism management that are not managed professionally.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/101/051802557
Uncontrolled Keywords: Pengelolaa wisata Gunung Beruk, Desa Wisata, Karangpatihan.
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) > 320.8 Local government > 320.84 Rural government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 May 2018 02:18
Last Modified: 18 Oct 2021 03:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10266
[thumbnail of AWANDA RIZKI ANANTA.pdf]
Preview
Text
AWANDA RIZKI ANANTA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item