Implementasi Kebijakan Pemerintah Dalam Pengelolaan Pariwisata Di Kabupaten Banyuwangi Studi Kasus Pulau Merah

Sela, Ersanda Praptining (2018) Implementasi Kebijakan Pemerintah Dalam Pengelolaan Pariwisata Di Kabupaten Banyuwangi Studi Kasus Pulau Merah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini mengangkat tentang pengelolaan pariwisata pulau merah di Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggrahan Kabupaten Banyuwangi. Kajian ini dianalisis dengan menggunakan teori kebijakan publik yang berfokus pada implementasi kebijakan dari George C. Edward yang terdiri dari variabel komunikasi, variabel sumberdaya, variabel disposisi, variabel struktur birokrasi. Hal ini bertujuan untuk mengetahui peran masing-masing dalam pengelolaan sektor wisata. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan fokus studi kasus dengan memperoleh data yang sebenar-benarnya. Proses pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi sudah memaksimalkan kelebihan yang dimiliki melalui sektor pariwisata. Kedua, pembuatan kebijakan terkait pengelolaan wisata dibutuhkan relasi organisasi yang baik untuk bekerja sama dengan dinas-dinas yang terlibat. Keempat, dengan semakin banyaknya tingkat promosi yang dilakukan oleh pemerintah dan pihak terkait maka tingkat wisatawan yang berkunjung akan meningkat setiap tahunnya. Sehingga mempengaruhi pendapatan daerah melalui sektor pariwisata.

English Abstract

This research analyzed the tourism management of Merah island in Sumberagung village, Pesanggrahan district of Banyuwangi regency. This research analysis utilized public policy theory that focused on the policies implementation from George C. Edward which consisted of communication variable, resource variable, disposition variable, and bureaucratic variable. It was intended to determine the respective roles in tourism management. The type of this research was qualitative research focused on case study by obtaining actual data. The data collecting process was using interview and documentation method. The research results showed that: First, the government of Banyuwangi regency had maximized its advantages through the tourism sector. Second, policy-making related to tourism management required good organizational relations to work together with the government agencies involved. Third, through the increasing promotional numbers made by the government and related organizations would increase the level of tourist visit each year. Therefore, it would affect the regional income through tourism sector.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/99/051802555
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Pemerintah, Pariwisata, Pengelolaan
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) > 320.8 Local government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 May 2018 01:53
Last Modified: 18 Oct 2021 03:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10264
[thumbnail of ERSANDA PRAPTINING SELA.pdf]
Preview
Text
ERSANDA PRAPTINING SELA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item