Kedudukan dan Peran Tokoh Mikasa Ackerman sebagai Prajurit Perempuan dalam Anime Attack on Titan season 1 Karya Sutradara Tetsuro Araki

Rosyadi, TangguhPrawiro (2016) Kedudukan dan Peran Tokoh Mikasa Ackerman sebagai Prajurit Perempuan dalam Anime Attack on Titan season 1 Karya Sutradara Tetsuro Araki. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sejak dulu karya sastra selalu memiliki daya pikat kuat terhadap persoalan „gender‟. Paham tentang perempuan sebagai orang lemah lembut, permata bunga, dan sebaliknya laki-laki sebagai orang cerdas, aktif, dan sejenisnya. Citra perempuan dan laki-laki tersebut seakan-akan telah mengakar di benak penulis sastra. Sampai sekarang, paham yang sulit dihilangkan adalah terjadinya hegemoni laki-laki terhadap perempuan. Maka dari itu masalah gender yang terjadi, mendorong lahirnya emansipasi perempuan. Pada hakikatnya gender merupakan kumpulan ciri dan sifat yang dapat dipertukarkan antara laki-laki dan perempuan. Maka dalam penelitian ini, peneliti mendeskripsikan kedudukan (status) dan peran (role) tokoh perempuan bernama Mikasa yang berperan sebagai seorang prajurit dalam Anime Attack on Titan season 1 yang akan menunjukkan bahwa gender merupakan sifat yang dapat dipertukarkan antara laki-laki dan perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Mikasa berkedudukan sebagai seorang prajurit dan mampu berperan sebagai prajurit perempuan. Mikasa mampu membuktikan diri bahwa dalam dunia militer yang serba maskulin, Mikasa dapat menerima pelatihan fisik, maupun mental, serta alat-alat perang yang digunakan yang mana selalu didominasi para pria. Mikasa merupakan lambang emansipasi perempuan yang mana emansipasi perempuan sendiri menuntut persamaan hakhak perempuan terhadap hak-hak laki-laki di segala bidang kehidupan. Penulis menyarankan untuk penelitian selanjutnya menggunakan Anime Attack on Titan sebagai sumber data, dapat dikaji menggunakan sosiologi sastra yang terfokus pada status conflict seorang individu dalam suatu sistem sosial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/71/051601206
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 08 Mar 2016 14:57
Last Modified: 18 Oct 2021 09:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102634
[thumbnail of SKRIPSI_LENGKAP.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_LENGKAP.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item