Kecenderungan Nomophobia Dilihat Dari Jenis Kelamin Pada Mahasiswa

Arbandi, Haris Satrya (2017) Kecenderungan Nomophobia Dilihat Dari Jenis Kelamin Pada Mahasiswa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan kecenderungan nomophobia berdasarkan jenis kelamin. Subyek dalam penelitian ini yaitu mahasiswa di Kota Malang yang mempunyai smartphone. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah NMP-Q yang dibuat oleh Yildirim (2014) yang diadopsi oleh Mayangsari (2015) dan teknik analisa data menggunakan analisis Mann whitney U-test yang dihitung dengan bantuan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) 20.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa bahwa hasil uji Mann whitney U-test membuktikan bahwa terdapat perbedaan kecenderungan nomophobia antara laki-laki dan perempuan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa perempuan memiliki kecenderungan nomophobia lebih besar daripada laki-laki.

English Abstract

This study aims to find out the difference of nomophobic tendencies based on sexuality. Subject of this study is students in Malang City who have smartphone. Measuring instrument used in this research is NMP-Q by Yildirim (2014) and had been adapted by mayangsari (2015) and using mann whitney U-test as data analysis technique which has had computed with Statistical Product and service solution (SPSS) 20.0 for Windows. The result of this research shows that there is discrepancy of nomophobic between male and female students, also nomophobic is prepoderant in female than male students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/98/051802554
Uncontrolled Keywords: Nomophobia, Jenis Kelamin, Mahasiswa
Subjects: 100 Philosophy, parapsychology and occultism, psychology > 155 Differential and development psychology > 155.2 Individual psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 May 2018 01:47
Last Modified: 18 Oct 2021 02:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10263
[thumbnail of HARIS SATRYA ARBANDI.pdf]
Preview
Text
HARIS SATRYA ARBANDI.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item