Revilino, Rando (2016) A Semiotic Analysis of Promotional Brand Posters of Nike and Adidas. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Bahasa memiliki peran yang sangat penting dalam masyarakat atau masyarakat. Kami selalu membutuhkan dan menggunakan bahasa untuk menyampaikan apa yang kami maksudkan, untuk menyampaikan makna, dan untuk membuat penerima kami tahu apa yang kami inginkan. Ada dua jenis bahasa yang dimulai dari lisan untuk ditulis. Bahasa lisan adalah bahasa yang sebagian besar orang gunakan setiap hari untuk berkomunikasi satu sama lain, sementara bahasa tertulis adalah apa yang mereka lihat yang dapat melakukan tindakan. Dalam penelitian ini, penulis bertujuan tiga tujuan penelitian, pertama adalah mengklasifikasikan indeks, ikon, dan simbol sesuai dengan tipologi tanda PEC. Kedua adalah untuk mengetahui penanda dan menandakan menggunakan model tanda Saussurean. Dan yang ketiga adalah menemukan makna konotatif yang ditemukan di poster Nike dan Adidas. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif karena penulis menganalisis gambar visual sebagai penandandaan dan konsep makna sebagaimana ditandai sebagai data. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Saussures dari tanda yang berisi tanda, penanda, dan menandakan. Selain itu untuk mendukung menafsirkan poster, penulis juga menggunakan teori warna berdasarkan teori warna oleh Gon et al (2005), dan Smith (2013). Ada delapan benda atau poster yang telah dipilih dan dipilih oleh penulis, empat poster Nike dan empat poster Adidas. Dari delapan poster tersebut, penulis menemukan beberapa makna yang digunakan untuk mempromosikan merek baik dengan jargon atau tidak dan makna lain untuk saling bersaing untuk menunjukkan persaingan. Penelitian ini mengungkapkan bahwa Nike dan Adidas memiliki keunikan dan karakteristik mereka sendiri untuk setiap produk baru. Mereka saling bersaing dengan mengembalikan poster lain. Ada beberapa makna konotasi di balik poster itu sendiri dan jargon. Pada delapan poster itu, ternyata ada makna konotatif yang dimasukkan untuk mempromosikan merek serta demi persaingan. Penulis menyarankan para peneliti berikutnya untuk menganalisis lebih dalam tentang perbandingan antara dua merek besar dunia yang merasakan persaingan di dalamnya dengan alasan di balik persaingan. Misalnya, Puma dan Adidas yang datang dari satu korporasi tetapi terpisah karena visi dan misi yang berbeda.
English Abstract
Language has a very important role in community or society. We always need and use language to convey what we intend to, to convey the meaning, and to make our addressees know what we want. There are two kinds of language start from spoken to written. Spoken language is the language that people mostly use daily to communicate with each other, while written language is what they see that can perform an action. In this study, the writer aims three objectives of the study, first is to classify the index, icon, and symbol according to Peircean typology of sign. Second is to find out the signifier and signified using Saussurean model of sign. And the third is to find out the connotative meanings found in Nike and Adidas poster. This study used descriptive qualitative approach since the writer analysed the visual picture as signifiers and the concept of meanings as signified as the data. The theory which was used in this study was the Saussures Model of Sign which contain sign, signifier, and signified. Moreover to support interpreting the posters, the writer also used the theory of colors based on theory of colors by Gon et al (2005), and Smith (2013). There are eight objects or posters that had been chosen and selected by the writer, four posters of Nike and four posters of Adidas. From those eight posters, the writer found some meanings used to promote the brand either with the jargon or not and another meaning to compete each other to show the rivalry. This study reveals that both Nike and Adidas have their own uniqueness and characteristics for every brand new product. They compete each other by reverting ones another poster. There are some connotation meanings behind the posters themselves and the jargons. On those eight posters, it turned out that there were connotative meanings included to promote the brand as well as for the sake of rivalry. The writer suggests the next researchers to analyze deeper about the comparison between two big brands of the world which has sense of rivalry inside such as the reasons behind the rivalry. For example, Puma and Adidas that came from one corporation but separates because of different vision and mission.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2016/693/051608835 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 13 Sep 2016 14:01 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 08:23 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102610 |
Preview |
Text
RANDO.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |