Visual Impairment English Language Learning Effort in the Regular Class of English Education Study Program In Brawijaya University (A Case Study).

Rohmaningrum, AuliaNurtina (2016) Visual Impairment English Language Learning Effort in the Regular Class of English Education Study Program In Brawijaya University (A Case Study). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Belajar bahasa Inggris diperlukan karena bahasa Inggris dianggap sebagai bahasa internasional tidak hanya dalam komunikasi tetapi juga untuk mengkompilasi dan berbagi pengetahuan di seluruh dunia. Selain itu, belajar bahasa Inggris masih tetap perlu meskipun seseorang mungkin tidak memiliki kondisi fisik normal seperti kehilangan kemampuan penglihatan mereka atau tunanetra. Namun, orang-orang dengan gangguan penglihatan seperti seseorang yang kehilangan kemampuan visi mereka suatu saat harus bergabung dengan kelas reguler di mana mayoritas terdiri dari siswa yang terlihat dan fasilitas yang sebagian besar diperlukan untuk orang normal. Oleh karena itu, ada beberapa kebutuhan dan hambatan yang dihadapi oleh pelajar bahasa Inggris dengan gangguan penglihatan sementara ia mengembangkan konsep untuk belajar bahasa Inggris ketika siswa harus hadir ke kelas reguler. Oleh karena itu, pelajar bahasa penurunan nilai visual yang menghadiri kelas reguler memiliki upaya khusus untuk dapat melakukan penelitian yang dilakukan dengan menggunakan studi kasus. Peserta penelitian ini adalah salah satu orang dari pelajar bahasa Inggris yang terganggu secara visual yang menghadiri program studi pendidikan pendidikan bahasa Inggris reguler, Universitas Brawijaya. Dia menghadiri semester kedua. Ada dua tujuan dengan alasan mengapa penelitian dilakukan. Tujuan pertama adalah mengkonfirmasi dan memastikan konsep pembelajaran bahasa Inggris siswa berbahasa Inggris secara visual terhadap proses belajar mengajar di kelas reguler pendidikan pendidikan bahasa Inggris di Universitas Brawijaya. Yang kedua adalah mengkonfirmasi kondisi tertentu yang dapat mempengaruhi pelajar bahasa penurunan nilai visual untuk mengembangkan konsep pembelajaran bahasa. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mendapatkan informasi adalah daftar periksa observasi, wawancara, dan catatan bidang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajar bahasa penurunan nilai visual yang menghadiri kelas reguler di mana fasilitas sebagian besar diperlukan untuk pelajar yang tidak menonaktifkan memiliki kebutuhan dan upaya khusus untuk dapat mengembangkan konsep bahasa Inggris saat ia bergabung dengan proses pembelajaran. Kebutuhan peer, motivasi diri, keterampilan belajar, dan keterampilan belajar kooperatif diperlukan seperlunya untuk dipenuhi oleh siswa. Pelajar bahasa Inggris yang secara visual secara visual tidak dapat melakukan aktivitas penting seperti pencatatan dengan menggunakan alphabet whitout yang memiliki rekan yang terlihat. Selanjutnya, motivasi diri adalah aspek pendukung untuk memperkuat siswa ke NGD dengan aktivitas CALSS reguler. Selain itu, keterampilan belajar kooperatif dapat membantu siswa untuk berinteraksi dengan siswa lain yang merupakan imasemen non-visual.

English Abstract

Learning English is necessary since English is considered as an international language not only in communication but also to compile and share the knowledge worldwide. In addition, learning English is still remained as necessary even though some one might not have normal physical condition like losing their vision ability or visually impaired. However, people with visual impairment like someone who has lost their vision ability sometime must join the regular class where the majority consist of sighted students and the facilities which mostly are required for normal people. Therefore, there are some needs and obstacles that are faced by English learner with visual impairment while he is developing the concept for learning English when the student must attend into the regular class. Hence, visual impairment language learner who attend to the regular class has special efforts in order to be able to The research is conducted by using case study. The participant of the research is one person of visually impaired English learner who attends to the regular class of English Education Study Program, Brawijaya University. He is attending his second semester. There are two aims by the reasons why the research is conducted. The first objective is to confirm and ensure the visually impaired student’s English language learning concepts towards teaching and learning process in regular class of English education major in Brawijaya University. The second is to confirm particular condition that may affect visual impairment language learner to develop language learning concepts. The research instruments that are used to obtain the information are observation checklist, interview, and field note. The results of the study are showed that Visual impairment language learner who attend to the regular class where the facilities are mostly required for non-disable learners has special need and effort to be able to develop the concept of English while he joining the learning process. The need of sighted peer, self-motivation, study skills and cooperative learning skill are required as necessary to be fulfiled by the student. A visually imapired english learner can not do essential activity like note taking by using alphabet whitout having a sighted peer. Furthermore, a self-motivation is supporting aspect to reinforce the student to ngage with regular calss’ activity. Moreover, cooperative learning skill can help the student to interact with the other students who are non-visual imapirement.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/680/051608822
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 13 Sep 2016 09:50
Last Modified: 21 Oct 2021 03:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102596
[thumbnail of VISUAL_IMPAIRMENT_ENGLISH_LANGUAGE_LEARNING_EFFORT_IN_THE_REGULAR_CLASS_OF_ENGLISH_EDUCATION_STUD.pdf]
Preview
Text
VISUAL_IMPAIRMENT_ENGLISH_LANGUAGE_LEARNING_EFFORT_IN_THE_REGULAR_CLASS_OF_ENGLISH_EDUCATION_STUD.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item