The Mechanism of Simulation in Massively Multiplayer Role Play Game Dragon Nest.

Tristanto, ArifHimawan (2016) The Mechanism of Simulation in Massively Multiplayer Role Play Game Dragon Nest. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas mekanisme simulasi dalam permainan peran multiplayer besar-besaran Naga Naga (MMORPG). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki bagaimana mekanisme simulasi yang didirikan dalam permainan bermain multiplayer secara masif. Penelitian ini termasuk dalam studi kualitatif karena penelitian ini dibuat untuk menganalisis fenomena sosial berdasarkan ilustrasi, teks, dan warna sebagai elemen Sarang Naga MMORPG. Peneliti mengklasifikasikan dan menganalisis temuan menggunakan konsep Simulacra dan Simulacrum oleh Jean Baudrillard. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecanduan permainan tentu bertindak sebagai bukti bahwa itu adalah simulacra di mana komoditas menjadi mesin. Fitur-fitur permainan mekanisasi simulasi untuk pemain menjadi immersif saat bermain game di mana nilai-nilai diubah. Menurut Baudrillard, simulasi merangkul situasi nyata dengan meniru itu sebagai model pembangunan. Simulasi dibuat untuk memberikan kesempatan kepada seseorang untuk melakukan sesuatu yang tidak dapat mereka lakukan di dunia nyata dengan memberi mereka nilai-nilai yang dekat dengan kenyataan. Unsur-unsur simbol dan keberadaan manusia yang kemudian mengarah pada pembentukan Simulacra di mana nilai tersebut diubah. Dragon Nest adalah simulacra yang memiliki peran untuk memenuhi kebutuhan pemain dan juga membentuk masyarakat konsumen dengan memanfaatkan fitur permainan untuk memicu simulasi. Untuk peneliti berikutnya yang mencari objek baru yang akan dianalisis, mereka disarankan untuk menggunakan video game sebagai objek yang dianalisis dengan menggunakan teori hyper-reality, karena orang saat ini menghabiskan waktu untuk memainkan game online di perangkat elektronik. Ini berarti bahwa orang-orang itu menjadi lebih terlibat dengan dunia simulasi dan kurang dengan dunia nyata fisik.

English Abstract

This study discusses The Mechanism of Simulation in Massively Multiplayer Role Play Game Dragon Nest (MMORPG). The purpose of this study is to investigate how the simulation’s mechanism established in Massively Multiplayer Role Play Game Dragon Nest. This research belongs to qualitative study since this study is made to analyze the social phenomenon based on illustrations, texts, and colors as the elements of MMORPG Dragon Nest. The researcher classifies and analyzes the finding using simulacra and simulacrum concept by Jean Baudrillard. The result of the research shows that the addiction of game certainly act as the proof that it is simulacra where the commodity become the engine. The game features are mechanizing the simulation for players to be immersive while playing the game where the values is altered. According to Baudrillard, simulation is embracing the real situation by imitate it as a model of development. Simulation is made to give a person chance to do something they cannot do in real world by giving them the values that are close to reality. The elements of symbol and human existence which later on leads on to the formation of simulacra where the value altered. Dragon Nest is a simulacra that has a role to fulfill players need and also form a consumer society by utilizing the game features to mechanize the simulation. For the next researchers who looks for new object to be analyzed, they are suggested to use video games as the object that is analyzed by using Hyper-reality theory, because people nowadays spend their time to play online game on the electronic devices. It means that those people have become more involved with the simulation world and less with the physical real world.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/654/051608796
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 Sep 2016 14:16
Last Modified: 21 Oct 2021 02:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102567
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of draft_chapter_1.pdf]
Preview
Text
draft_chapter_1.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of draft_chapter_2.pdf]
Preview
Text
draft_chapter_2.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of draft_chapter_4.pdf]
Preview
Text
draft_chapter_4.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of List_of_Figure_and_Appendix.pdf]
Preview
Text
List_of_Figure_and_Appendix.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of draft_chapter_3.pdf]
Preview
Text
draft_chapter_3.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of references.pdf]
Preview
Text
references.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of skripsi_upload_fix.pdf]
Preview
Text
skripsi_upload_fix.pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Abstract,_Declare,Acknowledgement_Fix.pdf]
Preview
Text
Abstract,_Declare,Acknowledgement_Fix.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of appendices.pdf]
Preview
Text
appendices.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Berita_Acara_Bimbingan_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Berita_Acara_Bimbingan_Skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item