English Learning Motivation of the 10th Grade Students at SMK Negeri 6 Malang.

Rokhman, NissaMawarda (2016) English Learning Motivation of the 10th Grade Students at SMK Negeri 6 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Motivasi adalah salah satu kunci untuk menjadi sukses dalam belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Siswa harus tahu tujuan apa yang ingin mereka capai dengan belajar bahasa Inggris untuk mencapai tujuan mereka. Penulis melakukan studi tentang motivasi belajar bahasa Inggris dari siswa kelas 10 di SMK Negeri 6 Malang. Ada dua masalah yang harus diselesaikan, yaitu (1) jenis motivasi apa (orientasi instrumental dan integratif) yang dominan dari siswa RPL ke-10 di SMK Negeri 6 Malang dalam belajar bahasa Inggris dan (2) Apa alasan umum yang memotivasi siswa Kelas RPL ke-10 di SMK Negeri 6 Malang dalam belajar bahasa Inggris. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 179 siswa kelas 10 Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) program studi di SMK Negeri 6 Malang. Sampel adalah 108 siswa kelas 10 siswa RPL di SMK Negeri 6 Malang. Penulis menggunakan simple random sampling untuk mengambil sampel, sehingga sampel dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang diadaptasi dari Amtb Questionnaire oleh Gardner (1985) yang terdiri dari motivasi integratif dan instrumental. Instrumen ini divalidasi oleh pengulas ahli dan pakar SPSS untuk mengukur validitas dan reliabilitas kuesioner. Penulis menggunakan aplikasi Microsoft Excel untuk menghitung persentase jenis motivasi tersebut untuk menyelesaikan masalah pertama. Selain itu, digunakan untuk menghitung skor rata-rata jenis motivasi untuk menyelesaikan masalah kedua. Penelitian ini mengungkapkan bahwa motivasi instrumental dominan karena 47 siswa (43,52%) dari sampel menggunakan motivasi ini untuk belajar bahasa Inggris. 42 siswa lainnya (38,89%) menggunakan motivasi integratif. Ada 19 siswa (17,59%) yang tidak dapat dikategorikan dalam jenis integratif atau instrumental. Alasan umum yang memotivasi siswa untuk belajar bahasa Inggris juga berasal dari motivasi instrumental yang skor rata-rata tertinggi 3.426 yaitu `Belajar Bahasa Inggris Penting untuk Membantu Maha Terjun Dalam BISNIS Internasional`. Kesimpulannya, jenis motivasi yang dominan dan alasan umum yang memotivasi kelas 10 siswa RPL di SMKN 6 Malang berasal dari motivasi instrumental. Itu konsisten dengan posisi mereka sebagai siswa sekolah menengah kejuruan. Semoga penelitian ini dapat bermanfaat bagi guru bahasa Inggris di SMKN 6 Malang, peneliti lebih lanjut dan pembuat kebijakan untuk mengembangkan bahan yang sesuai untuk mendapatkan motivasi belajar bahasa Inggris untuk siswa sekolah menengah kejuruan.

English Abstract

Motivation is one of the keys to be successful in learning English as a foreign language. Students have to know what objectives that they want to achieve by learning English in order to reach their goal. The writer conducted a study about English learning motivation of the 10th Grade Students at SMK Negeri 6 Malang. There are two problems to be solved, namely (1) which type of motivation (instrumental and integrative orientation) is predominant of the 10th RPL students at SMK Negeri 6 Malang in learning English and (2) what is the common reason that motivates students of the 10th RPL class at SMK Negeri 6 Malang in learning English. In this research, the writer used descriptive quantitative method. The population of this study was 179 students of the 10th grade of Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) study program at SMK Negeri 6 Malang. The sample was 108 students of the 10th grade of RPL students at SMK Negeri 6 Malang. The writer used simple random sampling to take the sample, so the sample was chosen randomly. The instrument used was questionnaire adapted from AMTB Questionnaire by Gardner (1985) which consisted of integrative and instrumental motivation. The instrument was validated by an expert reviewer and SPSS expert to measure the validity and reliability of the questionnaire.The writer used Microsoft Excel application to count the percentage of those types of motivation in order to solve the first problem. In addition, it was used to calculate the mean score of those types of motivation in order to solve the second problem. This study revealed that instrumental motivation was predominant because 47 students (43,52%) of the sample used this motivation to learn English. The other 42 students (38,89%) used integrative motivation. There was 19 students (17,59%) who could not be categorized in integrative or instrumental type. The common reason that motivate the students to learn English also came from the instrumental motivation which the highest mean score 3,426 namely “Belajar Bahasa Inggris penting untuk membantu saya terjun dalam bisnis internasional”. In conclusion, the type of motivation which predominant and the common reason that was motivated the 10th grade of RPL students at SMKN 6 Malang came from instrumental motivation. That was consistent with their position as students of vocational high school. Hopefully this research can be useful for the English teacher at SMKN 6 Malang, further researchers and the policy makers to develop an appropriate materials for gaining the English learning motivation for vocational high school students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/652/051608794
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 Sep 2016 14:06
Last Modified: 21 Oct 2021 02:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102565
[thumbnail of SKRIPSI_full.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_full.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item