Students’ Challenges in Speaking English at Lemjiantek Kodiklat TNI AD Batu.

Kristanti, ErviRahayu (2016) Students’ Challenges in Speaking English at Lemjiantek Kodiklat TNI AD Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bahasa Inggris dianggap sebagai bahasa asing di Indonesia karena hanya diajarkan di sekolah tetapi tidak memiliki bagian penting dalam aspek sosial lainnya. Sebagai salah satu mata pelajaran wajib dalam pendidikan Indonesia terutama untuk pendidikan tinggi, para siswa diharapkan untuk menguasai keterampilan bahasa Inggris yang salah satu dari mereka adalah keterampilan berbicara. Skill Berbicara sangat penting untuk dikuasai karena dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa dan digunakan untuk mengukur keberhasilan pembelajaran bahasa. Namun, ada beberapa tantangan psikologis yang biasanya dialami siswa yang meliputi (1) perubahan fisik, (2) perasaan negatif, (3) kemampuan kognitif yang rendah, dan (4) perilaku negatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tantangan dan untuk mengetahui tingkat tantangan dalam berbicara bahasa Inggris yang dialami oleh mahasiswa batch 24 di Lemjiantek Kodiklat TNI Ad Batu. Penelitian ini menggunakan survei deskriptif sebagai desain penelitian. Subjek penelitian adalah siswa batch 24 yang berasal dari tiga jurusan yang berbeda termasuk listrik, otomotif, dan komunikasi. Ada 41 siswa termasuk 39 laki-laki dan 2 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk pengumpulan data. Kuesioner diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia dan menggunakan sistem penilaian empat skala termasuk sangat tidak setuju, tidak setuju, setuju, dan sangat setuju. Data dianalisis secara kuantitatif berdasarkan teori Sarwono dengan menggunakan perangkat lunak komputer SPSS. Hasil analisis ditampilkan dalam bentuk persentase dan tabel. Berdasarkan hasil temuan, peneliti menemukan bahwa mahasiswa batch 24 di Lemjiantek Kodiklat TNI Ad Batu secara psikologis tidak mengalami tantangan dalam bahasa Inggris. Itu bisa dilihat melalui hasil persentase yang hanya mendapat level rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang cukup memiliki kemampuan kognitif yang rendah (51,8%) yang dipertimbangkan pada tingkat moderat. Selain itu, perilaku negatif siswa (23,2%), perubahan fisik (20%), dan perasaan negatif (18,2%) dipertimbangkan pada tingkat yang sangat rendah. Ada beberapa saran untuk guru bahasa Inggris dan peneliti masa depan mengenai hasil penelitian ini. Pertama, guru-guru bahasa Inggris disarankan untuk menciptakan aktivitas berbicara yang melibatkan kontak langsung dengan penutur asli dan non-pribumi, kelompok bekerja, motivasi, dan suasana belajar santai untuk menyelesaikan tantangan siswa dalam berbahasa Inggris. Kedua, para peneliti masa depan disarankan untuk melakukan studi serupa dengan menyelidiki tantangan dalam berbicara bahasa Inggris berdasarkan tingkat kemahiran bahasa Inggris, dari perspektif siswa dan guru, dan lebih fokus pada tantangan linguistik.

English Abstract

English is considered as a foreign language in Indonesia since it is only taught in schools but has no important part in other social aspects. As one of mandatory subjects in Indonesian education especially for higher education, the students are expected to master English skills which one of them is speaking skill. Speaking skill is very important to be mastered as it can improve the students’ communication skill and be used to measure the success of language learning. However, there are several psychological challenges the students usually experience which include (1)physical changes, (2)negative feelings, (3)low cognitive ability, and (4)negative behaviors. The objectives of this study were to find out the challenges and to know the level of the challenges in speaking English experienced by 24th batch students at Lemjiantek Kodiklat TNI AD Batu. This study used descriptive survey as the research design. The subjects are 24th batch students who come from three different majors including Electrical, Automotive, and Communication. There were 41 students including 39 males and 2 females students. This study used questionnaire for data collection. The questionnaire was translated into Bahasa Indonesia and used four-scale scoring systems including strongly disagree, disagree, agree, and strongly agree. The data were analyzed quantitatively based on Sarwono’s theory by using SPSS computer software. The result of the analysis was displayed in the form of percentage and table. Based on the result on the finding, the researcher found that 24th batch students at Lemjiantek Kodiklat TNI AD Batu psychologically did not experience challenges in speaking English. It could be seen through the result of the percentage which only got low level. The result showed that the students fairly had low cognitive ability (51.8 %) which was considered on the moderate level. Besides, the students’ negative behaviors (23.2 %), physical changes (20 %), and negative feelings (18.2 %) were considered on the very low level. There are several suggestions for the English teachers and future researchers regarding to the result of this study. First, the English teachers are suggested to create a speaking activity that involves a direct contact with native and non-native English speakers, groups works, motivation, and relaxed learning atmosphere to solve the students’ challenges in speaking English. Second, the future researchers are suggested to conduct similar study by investigating the challenges in speaking English based on the English proficiency level, from both the student and teacher’ perspectives, and more focus on the linguistics challenges.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/650/051608792
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 Sep 2016 13:46
Last Modified: 21 Oct 2021 02:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102563
[thumbnail of Skripsi_Ervi_Rahayu_Kristanti_125110501111010.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Ervi_Rahayu_Kristanti_125110501111010.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item