Nadila, NoviRahayuAnggeline (2016) Students’ Difficulties in Speaking English in the Tenth Grade at SMKN 1 Singosari. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Siswa sekolah menengah kejuruan perlu meningkatkan keterampilan berbicara mereka untuk mempersiapkan mereka menjadi pekerja profesional di masa depan. Meningkatkan keterampilan berbicara mereka tidaklah mudah, karena siswa menghadapi beberapa kesulitan dalam berbicara bahasa Inggris. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan kesulitan siswa dalam berbicara dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan-kesulitan itu. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dari siswa kelas sepuluh TPM1 (Teknik Peminanan / Teknik Mesin) dan juga dua guru Inggris SMKN 1 Singosari. Ada tiga puluh empat siswa di kelas sepuluh TPM1. Prosedur yang digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data adalah pengamatan kelas, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teori Miles dan Hubberman (1984). Berdasarkan pengamatan dan wawancara, ditemukan bahwa tata bahasa, kosa kata, penghambatan dan penggunaan bahasa ibu adalah kesulitan yang dihadapi oleh siswa dalam berbahasa Inggris. Ada beberapa faktor yang memengaruhi kesulitan-kesulitan itu yaitu, kurang percaya diri, kurangnya dukungan (suasana kelas) dan kurangnya motivasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan guru bahasa Inggris di sekolah menengah kejuruan, untuk mengetahui kondisi dan situasi di kelas, dan membangun pra-pengajaran interaktif untuk menciptakan suasana yang kondusif. Kemudian, guru harus meminimalkan penggunaan bahasa ibu. Guru juga perlu menerapkan berbagai metode dalam mengajar bahasa Inggris terutama dalam keterampilan berbicara. Selain itu, guru perlu membuat pembelajaran komunikatif untuk siswa dan mengembangkan keterampilan berbicara melalui praktik daripada teori. Saran untuk peneliti lebih lanjut adalah mempelajari topik similiar lebih dalam, untuk menggunakan tingkat siswa yang berbeda dan menggunakan instrumen yang berbeda. Akan lebih baik jika peneliti lebih lanjut menemukan solusi yang mungkin untuk mengatasi faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam berbicara bahasa Inggris melalui metodologi pengajaran bahasa baru dengan melakukan penelitian eksperimental.
English Abstract
Students of vocational high school need to improve their speaking skill to prepare them in becoming professional workers in the future. Improving their speaking skill is not easy, because students faced some difficulties in speaking English. In this research, the researcher found students’ difficulties in speaking and factors that influence those difficulties. This research used a descriptive qualitative design. The data were collected from the tenth grade students of TPm1 (Teknik pemesinan/machinery engineering) and also two English teachers of SMKN 1 Singosari. There were thirty-four students in the tenth grade of TPm1. The procedures used by the researcher to collect the data were classroom observation, interview, and documentation. In analyzing the data, the researcher used the theory of Miles and Hubberman (1984). Based on the observation and interview, it was found that grammar, vocabulary, inhibition and use of mother tongue were difficulties faced by the students in speaking English. There were some factors that influenced those difficulties namely, lack of confidence, lack of support (classroom atmosphere) and lack of motivation. Based on the result of this research, the researcher suggests the English teacher at vocational high school, to know the condition and the situation in the class, and build an intteractive pre-teaching to create conducive atmosphere. Then, the teacher has to minimize the use of mother tongue. Teacher also needs to apply different methods in teaching of English especially in speaking skill. Moreover, teachers need to create a communicative learning for students and develop speaking skill through practice rather than theory. The suggestions for further researcher are to study similiar topic deeper, to use different level of students and to use different instruments. It would be better if the further researcher find out possible solutions to overcome the factors influencing students’ difficulties in speaking English through new language teaching methodology by doing experimental research.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2016/649/051608791 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 08 Sep 2016 13:40 |
Last Modified: | 02 Mar 2022 06:26 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102561 |
Preview |
Text
pdf_an_kan.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |