Wilujeng, Regina (2016) EFL Students’ Reading Strategies Across Different Achievement Levels at SMPN 21 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi membaca yang digunakan oleh siswa dari SMPN 21 Malang dalam tingkat prestasi mereka. Penelitian ini melibatkan 120 siswa dari kelas 7 dan kelas 8 menggunakan kuesioner yang diadaptasi dari Lien (2011), `Survei membaca strategi untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini. Siswa terbagi dalam tiga kelompok, ada yang berprestasi tinggi, pertengahan berprestasi, dan berprestasi rendah dengan skor semester pertengahan mereka. Kuesioner terdiri dari tiga jenis strategi membaca, ada strategi membaca global, mendukung strategi membaca, dan strategi pemecahan masalah. Strategi pembacaan global adalah teknik yang direncanakan dengan hati-hati yang diterapkan oleh siswa untuk memantau bacaan mereka, seperti menggunakan pengetahuan latar belakang mereka dan menggunakan fitur-fitur tipografi, gambar, tabel, dll. Dukungan Strategi membaca terdiri dari strategi yang melibatkan mekanisme dukungan dasar yang dimaksudkan untuk pembaca. Dalam memahami teks, seperti menggunakan kamus, mencatat, menggarisbawahi atau menghambat informasi tekstual. Strategi pemecahan masalah adalah prosedur yang diterapkan oleh siswa saat bekerja secara langsung dengan teks. Penelitian ini mengungkapkan bahwa siswa SMPN 21 Malang sebagian besar menggunakan strategi pemecahan masalah, seperti mencoba untuk tetap fokus dalam membaca (48%), membaca secara perlahan dan hati-hati (40%), dan membaca ulang untuk meningkatkan pemahaman (28%). Temuan-temuan itu menunjukkan bahwa mereka menyadari kepercayaan diri mereka dalam membaca, kelancaran, mengingat detail, dan peningkatan pengenalan kata. Orang-orang berprestasi tinggi dilaporkan menggunakan pengetahuan mereka sebelumnya dan menggunakan fitur teks untuk membuat pemahaman yang lebih baik tentang teks yang mereka baca. Hasil penelitian ini merekomendasikan guru untuk mendorong dan memotivasi siswa dalam menggunakan strategi dalam aktivitas membaca mereka. Selanjutnya adalah untuk peneliti masa depan, penelitian merekomendasikan untuk melakukan studi terkait dengan strategi membaca dengan variabel yang berbeda, seperti usia, jenis kelamin, dan motivasi.
English Abstract
This study is aimed to explore the reading strategy which are used by students from SMPN 21 Malang in their achievement levels. This study involved 120 students from grade 7 and grade 8 using the questionnaire adapted from Lien (2011), “The Survey of Reading Strategies to collect the data in this research. Students divided in three groups, there are high achievers, mid achievers, and low achievers by their mid semester score. The questionnaire consists of three various kind of reading strategies, there are Global Reading Strategies, Support Reading Strategies, and Problem Solving Strategies. Global reading strategies are those carefully planned technique applied by the students to monitor their reading, such as using their background knowledge and using typographical features, pictures, tables, etc. Support Reading Strategies consists of strategies that involves basic support mechanisms intended to hel the reader in comprehending the text, such as using dictionary, taking notes, underlining or highlinghting textual information. Problem Solving Strategies are the procedures applied by the students while working directly with the texts. The research revealed that students of SMPN 21 Malang were mostly use Problem Solving Strategies, such as trying to keep focused in reading (48%), reading slowly and carefully (40%), and rereading to increase the understanding (28%). Those findings showed that they are aware of their confidence in reading, fluency, recall of details, and word recognition improvement. High achievers reported to use their prior knowledge and using text features to make a better understanding of the texts they are reading. The result of this study recommended the teacher to encourage and motivate the students in using strategies in their reading activity. The next is for the future researcher, the research recommends to conduct a study related with reading strategies with different variables, such as age, sex, and motivation.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2016/644/051608614 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 09:58 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 02:26 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102556 |
Preview |
Text
REGINA_WILUJENG_UNDERGRADUATE_THESIS_FULL.pdf Download (5MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |