Strategi Rasional Ekonomi Petani Penambang Kapur : Studi Kasus Masyarakat Desa Banyutengah Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik.

Afifuddin, Rifqi (2016) Strategi Rasional Ekonomi Petani Penambang Kapur : Studi Kasus Masyarakat Desa Banyutengah Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya melangsungkan hidup yang dilakukan oleh masyarakat dalam menjalankan dua mode produksi sekaligus dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya merupakan suatu tindakan rasional yang dipilih untuk mempertahankan hidup. Lokasi penelitian ini berada di Desa Banyutengah, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik. Adapun alasan pemilihan lokasi adalah karena masyarakat sebagian besar kegiatan ekonominya adalah menjadi petani. Selain itu karena tempat tinggal mereka yang berada dekat dengan tambang kapur sehingga mereka memiliki pekerjaan menjadi penambang batu kapur. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan snow ball sampling. Adapun yang dijadikan informan adalah 4 orang informan dan 1 rumah tangga yang memiliki pekerjaan menjadi petani penambang batu kapur. Kualifikasinya berdasarkan yang telah bekerja menjadi penambang batu kapur selama minimal 5 tahun dan mereka juga bekerja menjadi petani. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tindakan rasional pada perilaku petani penambang dalam mencukupi kebutuhan sehari-harinya. Dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari petani mengandalkan hasil panen dari sawah sebagai cadangan makanan. Setelah memiliki pekerjaan penambang batu kapur yang hasilnya bisa didapat tiap hari mereka mulai berusaha tidak hanya mencukupi kebutuhan pokok melainkan juga kebutuhan tambahan yakni dengan membeli sepeda motor dan handphone baru. Hal itu tidak bisa terlepas dari pendapatan yang bertambah baik hasil tambang serta adanya keinginan untuk meniru agar sama dengan anak tetangganya serta adanya perasaan gengsi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/643/051608613
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Antropologi Budaya
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 02 Sep 2016 09:54
Last Modified: 21 Oct 2021 02:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102555
[thumbnail of skripsi_bab_1-5_revisi_7.2.pdf]
Preview
Text
skripsi_bab_1-5_revisi_7.2.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item