Santoso, DwiPriyo (2016) The Implementation of Teaching Media in English Learning Process (A Case Study at SMA Negeri 1 Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Media adalah peralatan penting untuk memfasilitasi dan mengambil perhatian siswa. Dengan menggunakan media, bahan-bahannya akan lebih dimengerti bagi para siswa, para siswa akan dengan mudah diakuisisi memperoleh materi dan itu akan membuat para guru memperoleh gol pembelajaran. Para guru dapat menggunakan berbagai media yang terkait dengan pemanfaatan seperti visual, audio, dan juga audio visual. Jadi, penggunaan media sangat membantu dan bermanfaat bagi siswa dan guru. Namun, guru bahasa Inggris sering menghadapi beberapa kesulitan dalam memilih dan menerapkan media selama proses pengajaran di kelas. Berdasarkan fenomena ini, penelitian ini berfokus pada menggambarkan implementasi media pengajaran dalam proses pembelajaran bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Malang. Penelitian ini digunakan kualitatif sebagai pendekatan penelitian dan studi kasus yang digunakan sebagai desain penelitian. Peserta penelitian ini adalah guru dan siswa Inggris X IPS, X IBB, dan X Mia 5 di SMA Negeri 1 Malang. Peneliti menerapkan tiga jenis instrumen seperti wawancara dan observasi bagi para guru, dan juga kuesioner yang dikontribusikan kepada siswa. Instrumen-instrumen tersebut berisi penggunaan, masalah, alternatif, dan juga tanggapan siswa. Berdasarkan temuan penelitian ini, peneliti menemukan bahwa ada berbagai macam media yang diterapkan oleh para guru. Namun demikian, para guru sering menghadapi beberapa masalah dan kesulitan dalam memilih, menerapkan media dan juga masalah kadang-kadang berasal dari siswa. Dalam menghadapi masalah, para guru juga memiliki berbagai cara untuk menyelesaikan masalah tersebut. Selain itu, peneliti menemukan bahwa tanggapan siswa untuk mengetahui seberapa efektif media yang digunakan oleh para guru dalam kegiatan belajar. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa para guru di SMA Negeri 1 Malang menggunakan berbagai media dalam mengajar bahasa Inggris seperti lagu, video, flash player, dll., Dan siswa memberikan respons positif kepada media yang berlaku. Berdasarkan temuan, peneliti memberikan beberapa saran. Pertama, saran diberikan kepada sekolah untuk meningkatkan fasilitas, terutama memasok lebih banyak colokan di setiap ruang kelas, karena ketersediaan plug terbatas di sekolah. Kedua, guru-guru Inggris dan guru masa depan dapat memberikan perhatian lebih untuk membuat persiapan yang baik dalam memilih dan menerapkan media, dan juga membuat rencana kedua jika masalah media datang kepada para guru. Yang terakhir, para peneliti lebih lanjut yang tertarik melakukan penelitian serupa tentang implementasi media dapat menerapkan studi ini sebagai referensi untuk studi serupa.
English Abstract
Media is an important equipment to facilitate and grab the students’ attention. By using media, the materials will be more understandable to the students, the students will be easily in acquiring acquire the materials and it will make the teachers to obtain the learning goal. The teachers can use various media related to the utilization such as visual, audio, and also audio visual. So, the use of media is very helpful and beneficial for both of the students and the teachers. However, English teachers often faced some difficulties in selecting and applying the media during teaching process in the classroom. Based on this phenomenon, this study focused on describing the implementation of teaching media in English learning process at SMA Negeri 1 Malang. This study used qualitative as the research approach and used case study as the research design. The participant of this study were the English teachers and students of X IPS, X IBB, and X MIA 5 in SMA Negeri 1 Malang. The researcher implemented three kinds’ of instruments such as interview and observation for the teachers, and also questionnaire which was contributed to the students. Those instruments contained the use, problems, alternatives, and also the responses of the students. Based on the findings of this study, the researcher found that there were various kinds of media which were applied by the teachers. Nevertheless, the teachers often faced some problems and difficulties in selecting, applying the media and also the problem sometimes came from the students. In facing the problem, the teachers also had various way to solve those problems. In addition, the researcher found that the students’ responses to know how effective the media used by the teachers in learning activities. This study can be concluded that the teachers in SMA Negeri 1 Malang used various media in teaching English such as song, video, flash player, etc., and the students give positive response to the media that the teachers apply. Based on the findings, the researcher gave some suggestions. First, the suggestion were given to the school to improve the facilities, especially supplying more plugs in every classroom, because the availability of plug was limited in the school. Second, the English teachers and future teachers may give more attention in making a good preparation in selecting and applying the media, and also making a second plan if the media problems come to the teachers. The last, the further researchers who interested in conducting similar research about implementation media can apply this study as a reference for similar studies.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2016/630/051608600 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 08:26 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 02:11 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102541 |
Preview |
Text
DWI_PRIYO_SANTOSO_(125110507111019).pdf Download (7MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |