Lailashafra, Arum (2016) Improving Reading Comprehension Skill Using Collaborative Strategic Reading (CSR) (A Classroom Action Research at the 10th Year Students of SMA Widya Gama Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman membaca mengajar menggunakan bacaan strategis kolaboratif (CSR) dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa. Berurusan dengan tujuan penelitian, desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (mobil) yang terdiri dari perencanaan, akting, observasi, dan refleksi. Hal ini dilakukan dalam satu siklus dari April hingga Mei 2016, yang terdiri dari tiga pertemuan untuk perawatan dan satu pertemuan untuk memberikan pasca-tes. Subjek penelitian ini adalah siswa MIA tahun ke-10 SMA Widya Gama Malang. Ada 35 siswa. Dalam penelitian tindakan ini, peneliti mencoba menerapkan strategi CSR yang mencakup aktivitas pemahaman membaca yaitu pratinjau, klik dan clunk, dapatkan intinya, dan melengkung. Sementara itu, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan tes pemahaman membaca bahasa Inggris, wawancara, daftar periksa observasi, catatan lapangan, dan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah mengimplementasikan strategi pemahaman membaca siswa ditingkatkan seperti yang ditunjukkan pada hasil pencapaian siswa dari tes pemahaman membaca. Skor pra-tes siswa adalah 24%, sedangkan pasca-tes siswa adalah 71% yang melewati nilai kelulusan minimum (KKM). Sejalan dengan hasil dari pengamatan, peneliti menemukan bahwa selama aksi, para siswa telah menunjukkan peningkatan mereka seperti mereka dapat memahami teks dengan baik, situasi proses belajar mengajar menjadi lebih menikmati dan menarik, dan hampir Semua siswa terlibat dalam proses belajar mengajar. Selain itu, berdasarkan hasil kuesioner, tanggapan siswa terhadap penggunaan CSR dalam belajar mengajar secara umum positif. Berdasarkan temuan dan diskusi ini, dapat disimpulkan bahwa implementasi strategi CSR dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa pada Mia Mia dari SMA Widya Gama Malang karena mencapai kriteria kesuksesan. Untuk saran tersebut, guru bahasa Inggris disarankan untuk menggunakan strategi CSR sebagai strategi alternatif dalam mengajar pemahaman membaca. Bagi para siswa, mereka diharapkan lebih aktif dalam belajar membaca teks dan meningkatkan kemampuan membaca mereka terutama untuk memahami teks secara kolaboratif. Untuk peneliti lain yang tertarik untuk melakukan studi serupa, semoga mereka dapat mengembangkan penelitian dalam keterampilan lain dengan implementasi yang baik.
English Abstract
This research was aimed to find out how the teaching reading comprehension using Collaborative Strategic Reading (CSR) can improve students’ reading comprehension. Dealing with the purpose of the study, the research design used in this study was Classroom Action Research (CAR) consisting of planning, acting, observing, and reflecting. It was conducted in one cycle from April to May 2016, which consisted of three meetings for the treatments and one meeting for giving the post-test. The subject of the study was the 10th year MIA students of SMA Widya Gama Malang. There were 35 students. In this action research, the researcher tried to apply CSR strategy which covered reading comprehension activities namely Preview, Click and Clunk, Get the gist, and Warp-up. Meanwhile, the instruments that were used in this research involved the English Reading Comprehension test, interview, observation check list, field note, and questionnaire. The results of this research showed that after implementing the strategy the students’ reading comprehension improved as shown in the result of students’ achievement from reading comprehension tests. The students’ pre-test score was 24%, while the students’ post-test was 71% who passed the minimum passing grade (KKM). In line with the result from the observation, the researcher found that during the action, the students have shown their improvement such as they are able to comprehend the text well, the situation of the teaching and learning process became more enjoy and interesting, and almost all of the students were involved in the teaching and learning process. In addition, based on the result of the questionnaire, the students’ responses to the use CSR in teaching learning were generally positive. Based on these findings and discussion, it can be concluded that the implementation of CSR strategy could improve students’ reading comprehension of 10th year MIA of SMA Widya Gama Malang because it reached the criteria of success. For the suggestion, the English teacher is suggested to use CSR strategy as an alternative strategy in teaching reading comprehension. For the students, they are expected to be more active in learning reading text and improving their reading ability especially to comprehend a text collaboratively. For other researchers who are interested in conducting similar studies, hopefully they can develop a research in other skills with a good implementation.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2016/622/051608592 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 31 Aug 2016 11:14 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 01:59 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102532 |
Preview |
Text
skripsi_Arum_Lailashafra.pdf Download (10MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |