Manzil, Li`izaDiana (2016) The Correlation between Learning Styles and English Achievement of the Students in SMK Brantas Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang digunakan dan diajarkan di negara mayoritas di dunia. Mengajar Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (TEFL) di Indonesia sebagian besar berfokus pada faktor eksternal yang mempengaruhi pencapaian bahasa Inggris peserta didik seperti strategi pengajaran dan metode pengajaran. Sementara para ahli percaya bahwa salah satu faktor yang paling berpengaruh adalah gaya belajar siswa. Peneliti percaya bahwa dengan mengetahui dan menyadari gaya belajar mereka akan membantu siswa untuk mencapai yang lebih baik dalam belajar bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gaya belajar yang digunakan oleh siswa SMK Brantas dan korelasinya dengan pencapaian bahasa Inggris mereka. Studi ini adalah penelitian korelasional yang menggunakan metode campuran dalam menganalisis hubungan antara gaya belajar siswa dan pencapaian bahasa Inggris. Peneliti menggunakan Fleiming`s Vark Learning Styles Model (2001) yang terdiri dari gaya belajar visual, aural, baca / tulis, dan kinestetik. Sementara kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini dikembangkan dari kuesioner gaya belajar Vark Fleiming. 152 siswa kelas sepuluh dan sebelas SMK Brantas berpartisipasi dalam penelitian ini. Serta menggunakan kuesioner, peneliti juga menggunakan wawancara untuk mengetahui lebih banyak tentang gaya belajar siswa dari sudut pandang siswa dan guru. Hasil kuesioner menunjukkan bahwa para siswa SMK Brantas Malang menggunakan semua gaya belajar Vark: dari 142 peserta, 35% lebih disukai kinestetik, 34% dibaca / tulis, 4% pilihan visual, 11% Lainnya lebih disukai lebih dari satu gaya belajar. Namun, hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara gaya belajar siswa dan pencapaian bahasa Inggris. Menurut analisis SPSS, gaya belajar mempengaruhi pencapaian bahasa Inggris siswa sebesar 0,5% sedangkan 99,5% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Berdasarkan wawancara dengan guru, peneliti menemukan empat faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar bahasa Inggris siswa: cerdas, usia, waktu belajar, dan disiplin. Peneliti menyarankan peneliti berikutnya yang ingin melakukan tesis dengan topik serupa untuk menganalisis lebih lanjut tentang gaya belajar siswa. Peneliti berikutnya dapat menggunakan teori, kuesioner, dan peserta yang berbeda. Peneliti berikutnya juga dapat melakukan tesis serupa di SMK Brantas untuk menganalisis faktor-faktor lain yang mempengaruhi pencapaian bahasa Inggris siswa. Peneliti berharap bahwa dengan mengetahui gaya belajar siswa akan membantu siswa dan guru lebih sadar akan preferensi pembelajaran siswa di kelas.
English Abstract
English is an international language used and taught in majority countries in the world. Teaching English as Foreign Language (TEFL) in Indonesia mostly focuses on external factors affecting learners’ English achievement such as teaching strategies and teaching methods. While experts believe that one the most influential factors is students’ learning styles. The researcher believes that by knowing and being aware of their learning styles will help students to achieve better in learning English. This study is conducted to know the learning styles used by students of SMK Brantas and its correlation with their English achievement. The study is a correlational study that used mix method in analyzing the relationship between students’ learning styles and English achievement. The researcher used Fleiming’s VARK Learning Styles Model (2001) which consist of Visual, Aural, Read/Write, and Kinesthetic learning style. While the questionnaire used in this study developed from Fleiming’s VARK Learning Styles Questionnaire. 152 students of tenth and eleventh grade of SMK Brantas were participating in this study. As well as using questionnaire, the researcher also used interview to know more about the students’ learning styles from students’ and teachers’ point of view. The result of the questionnaire showed that the students of SMK Brantas Malang used all of the VARK learning style: from 142 participants, 35 % preferred kinesthetic, 34 % preferred read/write, 4 % preferred visual, 11 % preferred auditory while 16 % others preferred more than one learning styles. However, the result of the study showed that there was no significant relationship between students’ learning styles and English achievement. According to SPSS analysis, learning styles affecting students’ English achievement by 0.5% while the other 99.5% was affected by other factors. Based on the interview with the teacher, the researcher found four other factors affecting students English achievement: intelligent, age, learning time, and discipline. The researcher suggests the next researcher who wants to conduct a thesis with similar topic to analyze further about students’ learning styles. The next researcher can use different theory, questionnaire, and participants. The next researcher can also conduct the similar thesis in SMK Brantas to analyze other factors affecting students’ English achievement. The researcher hopes that by knowing students’ learning styles will help students and teachers more aware of students’ learning preferences in classroom.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2016/617/051608584 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 31 Aug 2016 09:48 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 15:00 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102526 |
Preview |
Text
SKRIPSI_NANA_PDF.pdf Download (7MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |