Environmental Issues Portrayed in How to Train Your Dragon 2 Movie.

Hakim, DimasAnil (2016) Environmental Issues Portrayed in How to Train Your Dragon 2 Movie. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Masalah lingkungan baru-baru ini menggunakan aktivitas manusia negatif. Mereka mengambil dan menggunakan sumber daya alam tanpa mempertimbangkan dampak terhadap alam. Setiap masalah lingkungan selalu dikaitkan dan saling mempengaruhi. Oleh karena itu, peneliti ingin menganalisis masalah mengenai lingkungan. Peneliti menggunakan cara melatih film Dragon 2 Anda sebagai objek studinya karena beberapa masalah lingkungan tercermin dalam film ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan kerusakan lingkungan yang tercermin dalam objek penelitian. Penelitian ini menggunakan teori ekokritik untuk menganalisis masalah lingkungan yang ada. Peneliti juga menggunakan beberapa bagian pendekatan studi film untuk mendukung teori-teori utama yang digunakan dalam menganalisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa eksploitasi hewan (naga) dan juga dampak perang pada alam adalah masalah lingkungan yang dominan dalam film ini. Ada 2 bukti yang menggambarkan bahwa karakter mengeksploitasi hewan, yaitu: Housting Hewan dengan menggunakan alat yang dapat melukai mereka dan merawat hewan secara sewenang-wenang tanpa memberikan kebebasan di mana mereka berhak. Kemudian, perang juga telah menjadi masalah lingkungan karena dampaknya pada alam, seperti: limbah dan kebakaran yang mengakibatkan polusi udara dan air, serta merusak struktur tanah sebagai akibat dari persenjataan.

English Abstract

The recent environmental issues ussualy are resulted from the negative human activity. They took and use natural resources without considering the impact to the nature. Every environmental problem is always linked and influences each other. Therefore, the researcher wanted to analyze the issues concerning about environment. The researcher uses How to Train Your Dragon 2 movie as the object of his study because several environmental issues are reflected in this movie. The aims of this study are to find out and explain any environmental damage reflected in the object of study. This study uses ecocriticism theory to analyze the environmental issues existed. The researcher also use some parts of movie studies approach to support the major theories used in analyzing the data. The results of this study indicate that animal exploitation (dragon) and also war impact on nature is the dominant environmental issues in this movie. There are 2 evidences illustrating that the character exploits the animals, namely: hunting animals by using tools which can hurt them and treating animals arbitrarily without giving freedom of which they are entitled. Then, the war has also become an environmental issue because of its impact on nature, such as: sewage and fire resulting in the pollution of air and water, as well as damaging the soil structure as a result of the armaments.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/611/051608581
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 31 Aug 2016 09:29
Last Modified: 20 Oct 2021 14:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102520
[thumbnail of DIMAS_ANIL_HAKIM00.pdf]
Preview
Text
DIMAS_ANIL_HAKIM00.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item