Silmi, MuhRajib (2016) Techniques and Media in Teaching Speaking of the Seventh Grade Students at SMP Brawijaya Smart School Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui teknik pengajaran dan media yang digunakan oleh guru bahasa Inggris dalam mengajar berbicara tentang siswa kelas tujuh di SMP Brawijaya Smart School Malang. Penelitian ini menggunakan studi kasus sebagai desain penelitian. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi, panduan wawancara, dan dokumentasi. Peneliti mengamati semua proses pengajaran bahasa Inggris di kelas kelas tujuh. Peneliti juga mewawancarai guru dan lima siswa untuk mendapatkan informasi tambahan. Dokumentasi digunakan untuk memeriksa data dari observasi. Berdasarkan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi, hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bahasa Inggris menggunakan berbagai teknik pengajaran yaitu tampilan jawab-jawaban, terjemahan, pengeboran, dan diskusi. Guru bahasa Inggris juga menggunakan berbagai media pengajaran yaitu media manusia, media cetak, media visual, dan multimedia. Namun, guru bahasa Inggris sebagian besar menggunakan tampilan jawaban pertanyaan sebagai teknik pengajaran dan media cetak sebagai media pengajaran. Sebagian besar siswa tertarik dengan teknik pengajaran dan media pengajaran yang digunakan oleh guru bahasa Inggris dalam mengajar berbicara. Berdasarkan temuan penelitian, peneliti memiliki beberapa saran untuk guru bahasa Inggris dan juga untuk peneliti lebih lanjut. Untuk guru bahasa Inggris di SMP Brawijaya Smart School, peneliti menyarankan guru bahasa Inggris untuk menjaga hal-hal baik dalam mengajar teknik dan media pengajaran karena tekniknya menarik. Namun, akan lebih baik jika guru bahasa Inggris dapat memberikan teknik pengajaran lain dan media pengajaran karena guru bahasa Inggris hampir menggunakan teknik atau media yang sama dalam setiap proses pengajaran bahasa Inggris. Selain itu, ia juga dapat memberikan pandangan lain tentang guru bahasa Inggris tentang teknik pengajaran dan media pengajaran. Untuk peneliti lebih lanjut, penelitian dengan topik serupa, peneliti menyarankan peneliti lebih lanjut untuk mengeksplorasi fokus yang lebih spesifik yang berhubungan dengan teknik pengajaran atau media pengajaran dengan melakukan penelitian pada fokus yang lebih spesifik, dapat dianalisis lebih dalam.
English Abstract
The aims of this research were to find out the teaching techniques and media used by the English teacher in teaching speaking of the seventh grade students at SMP Brawijaya Smart School Malang. This research used case study as the research design. Instruments of this research were observation sheet, interview guide, and documentation. The researcher observed all of the English teaching process at the seventh grade class. The researcher also interviewed the teacher and five students to get additional information. The documentation was used to cross check the data from observation. Based on the observation, the interview, and the documentation, the result of the research showed that the English teacher used various teaching techniques namely question-answer display, translation, drilling, and discussion. The English teacher also used various teaching media namely human media, printed media, visual media, and multimedia. However, the English teacher mostly used question-answer display as teaching technique and printed media as the teaching media. Most of the students were interested with teaching techniques and the teaching media used by the English teacher in teaching speaking. Based on the finding of the research, the researcher has several suggestions for the English teacher and also for further researcher. For the English teacher at SMP Brawijaya Smart School, the researcher suggests the English teacher to keep good things of teaching techniques and teaching media because the techniques were interesting. However, it will be better if the English teacher can give other teaching techniques and teaching media because the English teacher almost uses the same technique or media in every English teaching process. Besides, it can also give the other views of the English teacher on teaching technique and teaching media. For further researchers, the study with similar topic, the researcher suggests further researchers to explore on more specific focus dealing with teaching technique or teaching media by conducting a research on more specific focus, it can be analyzed more deeply.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2016/606/051608576 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 31 Aug 2016 09:07 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 14:47 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102514 |
Preview |
Text
Muh._Rajib_Silmi-Pebasis_2012.pdf Download (5MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |