Kristiani, EunikeBetari (2016) The Strategies for Teaching Speaking Applied by the English Teacher of SMPN 3 Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Bahasa Inggris adalah bahasa asing pertama dan juga subjek wajib untuk diajarkan selama tiga tahun di SMP (Lauder, 2008). Meskipun adanya pelajaran bahasa Inggris dalam kurikulum, tetapi bahasa Inggris masih belum dapat digunakan dan diterapkan di Indonesia pada kehidupan masyarakat. Salah satu faktor yang memimpin bahasa Inggris tetap memiliki bahasa yang mahir yang tidak dapat dikuasai oleh peserta didik adalah faktor dari proses pengajaran di sekolah, terutama strategi pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan strategi pengajaran untuk berbicara. Teori strategi pengajaran yang digunakan dalam penelitian ini diusulkan oleh Freeman (2000). Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif (Creswell, 2009). Metode deskriptif yang digunakan untuk mengeksplorasi dan menyelidiki strategi guru untuk mengajar berbicara. Studi ini dilakukan untuk memperoleh pemahaman mendalam mengenai proses pengajaran keterampilan berbicara terkait dengan strategi yang diterapkan oleh guru bahasa Inggris SMPN 3 Kediri. Penelitian ini menggunakan beberapa instrumen, yaitu catatan lapangan observasi dan pedoman wawancara (Creswell, 2009). Penelitian ini mengungkapkan bahwa guru bahasa Inggris SMPN 3 Kediri menggunakan beberapa strategi tentang Freeman (2000) untuk pengajaran berbicara yaitu. PERTANYAAN DAN JAWABAN LATIHAN, Mendapatkan siswa untuk koreksi diri, praktik percakapan, bor pengulangan, bor tanya jawab, permainan bahasa, diskusi, kalimat yang diacak, komposisi, dan permainan peran. Temuan lain adalah tentang masalah yang dihadapi olehnya ketika menerapkan strategi dalam mengajar berbicara. Masalahnya adalah kesalahan siswa dalam berbicara, para siswa kurang percaya diri, motivasi siswa, para siswa memiliki kemampuan yang berbeda, jumlah berbagai strategi dan kegiatan yang dilakukan oleh guru membutuhkan waktu lama, kurang berolahraga dan berlatih berbicara . Dari penelitian ini, peneliti memberikan beberapa saran, ada. Untuk guru bahasa Inggris untuk melakukan lebih banyak berbagai strategi untuk mengajar berbicara, bagi pembuat kebijakan untuk memberikan pelatihan bagi guru untuk mengembangkan strategi pengajaran lebih lanjut, dan bagi peneliti masa depan untuk menggali secara mendalam dan mencari tahu lebih banyak sumber tentang strategi pengajaran.
English Abstract
English is the first foreign language and also the compulsory subject to be taught for three years at Junior High School (Lauder, 2008). Although the existence of English lessons in the curriculum, but English still could not be used and applied in Indonesia on peoples lives. One of the factors that led English remains the language proficient which is not able to master by learners is a factor of the process of teaching at the school, especially teaching strategy. This research was aimed to describe the teaching strategies for speaking. The teaching strategies theory that used in this study was proposed by Freeman (2000). This study used qualitative descriptive research (Creswell, 2009). Descriptive method used to explore and investigate the teacher’s strategy of teaching speaking. The study was conducted to acquire an in-depth understanding regarding the process of teaching speaking skill related to the strategies applied by the English teacher of SMPN 3 Kediri. The study used some instruments, namely observation field notes and interview guidelines (Creswell, 2009). This study revealed that the English teacher of SMPN 3 Kediri used some strategies on Freeman (2000) for teaching speaking namely; questions and answers exercise, getting students to self-correction, conversation practice, repetition drill, question-and-answers drill, language games, discussion, scrambled sentence, composition, and role play. Other findings were about the problems faced by her when applying the strategy in teaching speaking. The problem were student errors in speaking, the students were lack of self-confidence, the students motivation, the students had different ability, the number of various strategies and activities conducted by the teacher takes a long time, lack of exercise and practice in speaking. From this study, the researcher give some suggestions, there were; for English teacher to conduct more various strategies for teaching speaking, for policy maker to provide training for teachers to develop further teaching strategies, and for the future researcher to unearth deeply and find out more sources about teaching strategy.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2016/602/051608572 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 31 Aug 2016 08:25 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 14:43 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102510 |
Preview |
Text
EUNIKE_BETARI.pdf Download (12MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |