Peran Kelompok Kepuh Sebagai Organisasi Gerakan Sosial Berbasis Pelestarian Hutan Di Dusun Mendiro Desa Panglungan Kec.Wonosalam Kab. Jombang.

Utami, Tri (2016) Peran Kelompok Kepuh Sebagai Organisasi Gerakan Sosial Berbasis Pelestarian Hutan Di Dusun Mendiro Desa Panglungan Kec.Wonosalam Kab. Jombang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Gerakan sosial merupakan sebuah fenomena yang umum terkait dengan penuntutan hak atas ketidakadilan. Salah satunya menyangkut mengenai permasalahan masyarakat desa hutan yang terkait dengan akses pengelolaan hutansesuai dengan Undang-undang No.41 tentang Kehutanan.Tidak sesuainya dengan realitas dalam masyarakat membuat terbentuknya gerakan sosial mayarakat desa hutan. Berawal dari adanya Perhutani yang mengunakan hutan sebagai salah satu produksi barang ekspor dan berakhirnya orde baru membuat hutan gersang berdampak padasumber mata air di lingkungan masyarakat. Hal ini yang mendasari terbentuknya organisasi gerakan sosial yang diberinama kelompok KEPUH. Tujuan dari gerakan sosial adalah untuk mengembalikan kemakmuran masyarakat. Oleh karena itu, rumusan masalah pada penelitian ini adalah faktorfaktor yang melatarbelakangi gerakan sosial dan bentuk-bentuk gerakan social yang dilakukan oleh kelompok KEPUH. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif untuk melihat adanya fenomena gerakan sosial dalam masyarakat. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni dengan pola triangulasi data baik observasi, maupun observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dukumentasi. Lokasi yang dipilih untuk penelitian ini adalah pada masyarakat Dusun Mendiro Desa panglungan kecamatan Wonosalam kabupaten Jombang. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa gerakan sosial yang dilakukan secara terorganisir dapat dilihat dari faktor terbentuknya gerakan. Selain itu, dalam prakteknya gerakan sosial yang dilakukan oleh masyarakat mengalami perubahan orientasi, yang pada awalnya dilandasi oleh kelestarian sosial berubah menjadi politis. Sementara itu keberadaan dari organisasi gerakan sosial kelompok KEPUH juga mengakibatkan adanya konsekuensi dalam masyarakat.Adanya fenomena organisasi gerakan sosial dari segi faktor dan juga bentuk yang dilakukan akan menjadi hal yang menarik untuk di kaji.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/594/051608564
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Antropologi Budaya
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Aug 2016 13:15
Last Modified: 20 Oct 2021 14:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102500
[thumbnail of Tri_Utami_(125110800111015).pdf]
Preview
Text
Tri_Utami_(125110800111015).pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item