The Differences between Men and Women’s Speech Styles Used by Buyers in Pasar Besar Malang.

Nikmah, Misbahun (2016) The Differences between Men and Women’s Speech Styles Used by Buyers in Pasar Besar Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Studi ini berfokus pada pengidentifikasian perbedaan antara gaya pidato pria dan wanita yang digunakan oleh pembeli di Pasar Besar Malang. Penelitian ini menyelidiki (1) perbedaan aspek gaya bicara yang ditunjukkan oleh pembeli pria dan wanita (2) Fungsi pidato yang sebagian besar digunakan oleh pembeli pria dan wanita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena analisisnya adalah bentuk deskripsi daripada angka. Data adalah ucapan pembeli pria dan wanita ketika mereka berbicara dengan penjual di Pasar Besar Malang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan purposive sampling. Dalam menganalisis data penulis menerapkan teori dari HaAs (1979) tentang perbedaan bahasa lisan pria dan wanita dan teori dari Holmes (2013) tentang fungsi-fungsi pidato. Penelitian ini mengungkapkan bahwa ada perbedaan bahasa lisan antara pembeli pria dan wanita. Bahasa pembeli pria dapat diklasifikasikan: (1) Formulir: kata cabul, kasar, kata gaul (2) Penggunaan: Aserstive, argumen. Bahasa pembeli wanita dapat diklasifikasikan: (1) Bentuk: Sopan, hiperbola, kata kata sifat, kata sifat perempuan, gunakan kalimat panjang (2) Penggunaan: non-asertif, tentatif. Namun, pembeli pria dan wanita memiliki konteks bahasa yang sama: (1) Topik: Materi rumah tangga, hubungan manusia, pekerjaan atau studi, masalah hidup, minat, gaya hidup, keluarga, pria lain dan wanita lain (2) konten: positif dan negatif penilaian nilai. Dalam analisis fungsi pidato menunjukkan bahwa pria dan wanita menggunakan fungsi pidato yang berbeda. Fungsi pidato pembeli pria dapat dikategorikan ke dalam ucapan ekspresif, ucapan arahan, dan ucapan referensial dan ucapan fatis. Fungsi pidato pembeli wanita dapat dikategorikan ke dalam ucapan ekspresif, ucapan arahan, dan ucapan referensial. Singkatnya, penulis menemukan gaya bicara dan fungsi pidato antara pembeli pria dan wanita ketika mereka berbicara dengan penjual. Penulis menyarankan peneliti berikutnya untuk melakukan penelitian dengan pengaturan yang berbeda. Penulis juga menyarankan kepada peneliti untuk memeriksa perbedaan pria dan wanita dalam karya sastra seperti cerita pendek, novel, dan sebagainya.

English Abstract

This study focuses on identifying the differences between men and women’s speech styles used by buyers in Pasar Besar Malang. This study investigates (1) the differences aspects of speech styles shown by men and women buyers (2) the functions of speech mostly used by men and women buyers. This study used qualitative approach because the analysis was the form of description rather than number. The data were the utterances of men and women buyer when they are talking with the sellers in Pasar Besar Malang. In this study the writer used purposive sampling. In analyzing the data the writer apply theory from Haas (1979) about male and female spoken language differences and the theory from Holmes (2013) about functions of speech. This study revealed that there are spoken language differences between men and women buyer. Men buyer language can be classified: (1) Form: obscene word, coarse, slang word (2) Use: Assertive, argument. Women buyer language can be classified: (1) Form: polite, hyperbole, adjective word, female adjective, use long sentences (2) Use: Non-Assertive, tentative. However, men and women buyer has the same language contexts: (1) Topic: household matter, human relation, work or study, life’s trouble, interest, life style, family, other man and other woman (2) Content: positive and negative value judgment. In the analysis of function of speech shows that men and women use different function of speech. Men buyers’ function of speech can be categorized into expressive utterances, directive utterances, and referential utterances and phatic utterances. Women buyers’ function of speech can be categorized into expressive utterances, directive utterances, and referential utterances. In brief, the writer finds the speech style and function of speech between men and women buyer when they are talking with sellers. The writer suggests the next researcher to conduct the study with different setting. The writer also suggests to the researcher to examine men and women differences in literary works such as short story, novel, and so on.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/592/051608562
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Aug 2016 13:09
Last Modified: 20 Oct 2021 14:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102498
[thumbnail of SKRIPSI_MISBAHUN_NIKMAH__115110100111004.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_MISBAHUN_NIKMAH__115110100111004.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item