Teaching Grammar At Kresna English Language Institute Pare-Kediri

Akhmad, KhabibFauzi (2016) Teaching Grammar At Kresna English Language Institute Pare-Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini berfokus pada menggambarkan proses pengajaran tata bahasa dan bertujuan untuk menggambarkan proses tata bahasa pengajaran di planet Bahasa Inggris di Kresna Language Institute Pare, Kediri. Kresna dipilih karena beberapa alasan. Pertama, Kresna adalah salah satu kursus tertua di Pare, Kediri. Kedua, Kresna adalah salah satu kursus yang memiliki legalitas dari pemerintah dan akreditasi B. Ketiga, peneliti telah mengikuti kursus di Kresna sebelumnya, sehingga peneliti telah mengalami proses pengajaran dan pembelajaran di Kresna. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif sebagai metode untuk menganalisis data. Dalam mendapatkan data yang dibutuhkan, peneliti menggunakan tiga instrumen, yaitu catatan bidang, lembar observasi, dan panduan wawancara. Ketiga instrumen ini menunjukkan hasil yang sama berdasarkan pada peserta yang berbeda untuk memeriksa validitas, yaitu triangulasi data. Para peserta adalah kepala Kresna, para guru Planet dan mahasiswa Planet. Mereka dipilih karena kepala Kresna adalah pelopor dalam program planet. Setelah melakukan penelitian, peneliti menemukan bahwa tiga guru di Planet Bahasa Inggris di Kresna Language Institute menggunakan teknik, bahan, dan media yang sangat umum. Mereka menggunakan grafik sebagai teknik. Para guru di Planet Inggris juga menggunakan bahan yang sangat umum yaitu buku teks sebagai sumber pengajaran. Mereka juga menggunakan media sederhana seperti objek nyata untuk membantu memberikan materi dan fasilitasnya juga cukup sederhana yaitu hanya meja, papan tulis, kelas, kipas angin, karpet dll. Para guru menilai siswa yang paling formal dan sumatif. Dari semua temuan itu, tidak ada yang istimewa tentang planet bahasa Inggris, tetapi para siswa cukup memuaskan dengan semua yang mereka dapatkan. Itu karena mereka sudah tahu bahwa mereka hanya memiliki dua bulan dalam periode program sehingga para guru harus menggunakan waktu lebih efisien dan juga dibuktikan dengan program planet bahasa Inggris masih memiliki banyak siswa hampir di setiap periode. Jadi, penelitian masa depan masih perlu mencari tahu mengapa siswa tertarik untuk bergabung dengan program Planet Bahasa Inggris, karena mereka tidak memiliki sesuatu yang istimewa dalam teknik, bahan, media, fasilitas dan juga penilaian. Ini juga disarankan bagi para guru untuk menggunakan teknik, media, dan materi yang lebih menarik dalam pengajaran tata bahasa, misalnya menggunakan peta sebagai teknik, Internet sebagai bahan pendukung, audio-visual sebagai media dan penilaian peer sebagai penilaian, untuk menghindari kelas yang membosankan .

English Abstract

This research focuses on describing the process of teaching grammar and aims to describe teaching grammar process in Planet English at Kresna Language Institute Pare, Kediri. Kresna is chosen because of some reasons. First, Kresna is one of the oldest courses in Pare, Kediri. Second, Kresna is one of the courses that has legality from the government and B accreditation. Third, the researcher had taken course in Kresna before, so the researcher had experienced the process of teaching and learning in Kresna. This research used descriptive qualitative as a method to analysis the data. In gaining the data needed, the researcher used three instruments, namely field note, observation sheet, and interview guide. These three instruments were indicating the same result based on different participants to check the validity, namely data triangulation. The participants were the head of Kresna, the teachers of Planet and the students of Planet. They were chosen because the head of Kresna is the pioneer in Planet Program. After doing the research, the researcher found that three teachers in Planet English at Kresna Language Institute used very common techniques, materials and media. They used the charts as the techniques. The teachers in Planet English also used very common materials that are the text book as the source in teaching. They also used simple media like real object to help delivering the materials and the facilities are also quite simple that are only tables, white board, classroom, fan, carpet etc. The teachers assessed the students are formal and summative as the most. From all those findings, there is nothing special about Planet English, but the students are quite satisfying with all they got. It was because they had already known that they only had two months in a period of program so that the teachers had to use the time more efficient and also proved by the program of Planet English still had many students almost in each period. So, the future research still needs to figure out why students are interested in joining the Planet English program, since they do not have something special in technique, materials, media, facilities and also the assessment. It is also suggested for the teachers to use more interesting techniques, media and materials in teaching grammar, for example using maps as technique, internet as supporting materials, audio-visual as the media and peer-assessment as the assessment, to avoid boring class.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/573/051608543
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 06 Sep 2016 10:30
Last Modified: 20 Oct 2021 11:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102476
[thumbnail of Teaching_Grammar_at_Kresna_English_Language_Institute_Pare-Kediri.pdf]
Preview
Text
Teaching_Grammar_at_Kresna_English_Language_Institute_Pare-Kediri.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item