Mahardika, JeviBramDwi (2016) Students' Speaking Strategies In Learning English Of The 11th Graders At Brawijaya Smart School (Bss) Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tesis sarjana ini menyajikan strategi berbicara siswa dalam mempelajari bahasa Inggris siswa kelas 11 BSS SMA Malang. Oleh karena itu, peneliti merumuskan dua masalah yang dibahas, (1) Apa masalah berbicara dalam bahasa belajar siswa kelas 11 sekolah menengah atas di Brawijaya Smart School Malang yang dihadapi dalam kelas bahasa Inggris? (2) Apa strategi siswa untuk memecahkan masalah berbicara? Desain penelitian penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Selain itu, semua data diperoleh melalui observasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan oleh peneliti adalah panduan wawancara, diajukan catatan pengamatan dan dokumentasi. Kemudian, data dianalisis secara deskriptif setelah diklasifikasikan ke dalam aspek terkait. Peserta penelitian dari penelitian ini adalah siswa kelas sebelas SMA SMA Malang IPA 3. Kelas ini terdiri dari 26 siswa. Peneliti membawa enam siswa sebagai sampel penelitian ini yang ditentukan oleh pencapaian mereka dalam berbicara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam kemampuan berbicara mereka. Itu karena mereka tidak menguasai tiga elemen utama berbicara, yaitu kosakata, tata bahasa, dan pengucapan. Akibatnya, banyak siswa tidak terlalu baik. Selanjutnya, hasil penelitian ini juga mengungkapkan strategi yang digunakan oleh siswa untuk memecahkan masalah. Para siswa dengan pencapaian yang berbeda dalam berbicara memiliki strategi yang berbeda untuk mengatasi masalah tersebut. Untuk memecahkan masalah yang terkait dengan pengucapan, siswa mencoba mengucapkan kata baru setiap hari dan mendengarkan lagu Barat. Untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan tata bahasa, siswa belajar keras tentang bentuk-tegang untuk membuat mereka berbicara lebih baik. Selain itu, untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan kosa kata, siswa mengulangi kosa kata dan sering digunakan kamus jika mereka menemukan kata yang baru. Beberapa masalah dapat diselesaikan dengan bekerja sama dengan orang lain yang memiliki mahir berbahasa Inggris yang baik. Dapat disimpulkan bahwa berbagai pencapaian dalam berbicara memiliki strategi yang berbeda untuk menyelesaikan masalah berbicara di kelas. Peneliti menunjukkan bahwa berbicara bahasa Inggris harus diterapkan dalam kegiatan sehari-hari sebagai kebiasaan. Peneliti juga berharap bahwa peneliti berikutnya akan melanjutkan penelitian ini dengan melakukan penyelidikan lebih lanjut dengan penyelidikan seperti membaca, mendengarkan, dan menulis dari populasi yang berbeda.
English Abstract
This undergraduate thesis presents students speaking strategies in learning English language of the 11th graders of BSS senior high school Malang. Therefore, the researcher formulated the two problems discussed, (1) what are the speaking problems in learning language of the 11th graders of senior high school in Brawijaya Smart School Malang faced in English class? (2) What are the students’ strategies to solve the speaking problems? The research design of this study was descriptive qualitative. Moreover, all the data were obtained through observation and interview. The instruments used by the researcher were interview guide, filed note of observation and documentation. Then, the data were analyzed descriptively after being classified into related aspect. The research participants of this research were students of the eleventh graders of BSS senior high school Malang IPA 3 class. This class consisted of 26 students. The researcher took six students as samples of this study that were determined by their achievement in speaking. The result of this study showed that the students had difficulties in their speaking ability. It was because they did not master the three primary elements of speaking, namely vocabulary, grammar, and pronunciation. As a result, many students were not really good speaking. Furthermore, the result of this study also revealed the strategies used by the students to solve problems. The students with different achievement in speaking have different strategies to overcome those problems. To solve the problems related to pronunciation, students tried to pronounce a new word every day and listen to western song. To solve the problems related to grammar, students study hard about tenses in order to make their speaking better. In addition, to solve the problems related to vocabulary, students repeated the vocabulary and often used dictionary if they found new difficult word. Some problems can be solved by cooperating with others that have a good English proficient. It can be concluded that different achievement in speaking have different strategy to solve speaking problem in class. The researcher suggests that speaking English should be applied in daily activity as a habit. The researcher also expects that the next researchers will continue this research by conducting further investigation with of investigation such as reading, listening, and writing from different population.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2016/570/051608540 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 06 Sep 2016 10:47 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 11:43 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102473 |
Preview |
Text
Jevi_Bram_Dwi_Mahardika(125110507111036).pdf Download (7MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |