Language Learning Strategy Of An Autistic Student In The Third Year Of Smp Brawijaya Smart School Malang

Kurniawan, Tomi (2016) Language Learning Strategy Of An Autistic Student In The Third Year Of Smp Brawijaya Smart School Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini berfokus pada analisis strategi pembelajaran bahasa seorang siswa autis pada tahun ketiga SMP Brawijaya Smart School. Strategi pembelajaran bahasa adalah studi tentang strategi untuk pembelajaran dan strategi untuk digunakan, termasuk strategi komunikasi atau perangkat untuk mengkompensasi sumber daya yang tidak memadai sebagai manifestasi yang sangat berbeda dari fenomena yang lebih umum yang disebut strategi pelajar. Strategi pembelajaran bahasa dapat diterapkan untuk pembelajar bahasa kedua. Dalam penelitian ini, penulis bermaksud untuk menganalisis strategi pembelajaran bahasa yang diterapkan oleh seorang siswa autis. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui, (1) jenis strategi pembelajaran bahasa yang digunakan oleh seorang siswa autis. (2) Strategi pembelajaran bahasa yang paling dominan yang digunakan dari seorang siswa autis. Penulis menggunakan teori Oxford dalam menganalisis data. Penelitian ini adalah studi kualitatif karena penulis menganalisis kategori strategi pembelajaran bahasa yang diterapkan oleh siswa autis. Data penelitian ini diambil dari kuesioner ambang untuk siswa dan wawancara dengan guru-guru Inggris SMP Brawijaya Smart School. Dalam penelitian ini, penulis mengetahui bahwa penggunaan strategi pembelajaran bahasa untuk siswa autis jatuh ke tingkat menengah. Secara khusus, kategori strategi pembelajaran bahasa yang paling dominan adalah strategi memori, kemudian diikuti oleh strategi kognitif, kompensasi, metakognitif, afektif, dan sosial. Penulis juga mengetahui bahwa keuntungan dari kategori tertentu dalam strategi pembelajaran bahasa dapat mengembangkan pemahaman tata bahasa dan pengayaan kosakata berdasarkan teori Oxford. Penulis menyarankan bahwa peneliti berikutnya yang akan mengambil studi serupa mereka dapat melakukan penelitian yang lebih intensif dan lebih dalam tentang penerapan berbagai jenis strategi pembelajaran bahasa yang digunakan oleh siswa autis. Peneliti juga menyarankan bahwa mereka dapat menggunakan lebih banyak siswa yang berasal dari gangguan spektrum autisme sebagai peserta karena jika hanya menggunakan satu subjek penelitian yang kadang-kadang tidak membuktikan kekuatan penelitian data.

English Abstract

This study focused on analyzing language learning strategy of an autistic student in the third year of SMP Brawijaya Smart School. Language Learning Strategies is study about strategies for learning and strategies for using, including communication strategies or devices for compensating for inadequate resources as quite different manifestations of a more general phenomenon which is called learner strategies. Language Learning Strategies can be applied for the Second Language learner. In this study, the writer intends to analyze Language Learning Strategies applied by an autistic student. This study was conducted to find out, (1) types of language learning strategies used by an autistic student. (2) the most dominant language learning strategy used of an Autistic student. The writer uses Oxford’s theories in analyzing the data. This study was qualitative study because the writer analyzed the category of Language Learning Strategies which is applied by the autistic student. The data of this study were taken from the SILL Questionnaire for student and interviews with the English Teachers of SMP Brawijaya Smart School. In this study, the writer finds out that the using Language Learning Strategies for the autistic student falls into medium level. In particular, the most dominant categories of language learning strategies are memory strategies, then followed by cognitive, compensation, metacognitive, affective, and social strategies. The writer also finds out that the advantage of certain categories in Language Learning Strategies can develop grammar understanding and vocabulary enrichment based on Oxford’s theories. The writer suggests that next researchers who will take similar study they can do a more intensive and deeper research about the application of various types of Language Learning strategies which are used by autistic student. The researcher also suggests that they can use more number of students who are from suffering Autism Spectrum Disorder as a participant because if using only one subject of the research it sometimes did not prove the strength of the data research.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/556/051607865
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 14 Sep 2016 15:07
Last Modified: 20 Oct 2021 11:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102457
[thumbnail of Tomi_Kurniawan_Thesis_.pdf]
Preview
Text
Tomi_Kurniawan_Thesis_.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item