Nurfaidah, Intan (2016) Language Learning Strategies Among The High Achievers Of The 11th Grade Students At Sma Negeri 2 Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pembelajaran bahasa, salah satu faktor tersebut adalah strategi pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk menyelidiki penerapan strategi pembelajaran dan untuk memeriksa strategi pembelajaran bahasa yang paling sering digunakan oleh penghuni tinggi siswa kelas 11 di SMA Negeri 2 Batu dalam belajar bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dari siswa kelas 11 dari tiga program studi, ada ilmu pengetahuan, sosial, dan bahasa. Setiap program studi diwakili oleh dua siswa berprestasi tinggi. Prosedur yang digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data adalah kuesioner dan wawancara. Data diperoleh dengan menggunakan persediaan strategi untuk kuesioner pembelajaran bahasa (Sill) yang diselesaikan oleh enam berprestasi tinggi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teori Oxford (1990). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berprestasi tinggi siswa kelas 11 dalam SMA Negeri 2 Batu menggunakan strategi pembelajaran bahasa secara keseluruhan. Ini berarti bahwa enam berprestasi tinggi siswa kelas 11 menerapkan semua enam jenis strategi pembelajaran bahasa yang biasanya dalam proses pembelajaran bahasa Inggris. Secara khusus, strategi metakognitif ditemukan sebagai strategi yang paling sering digunakan, sementara strategi yang digunakan adalah strategi memori. Berdasarkan penelitian ini, penulis menyarankan para guru bahasa Inggris dapat membantu siswa untuk lebih memahami tentang pentingnya strategi pembelajaran bahasa, atau memberikan pelatihan siswa untuk dapat menerapkannya dalam kegiatan belajar. Bagi para siswa, mereka dapat menggabungkan strategi saat ini yang mereka gunakan dengan strategi pembelajaran baru lainnya untuk mendukung pembelajaran bahasa mereka dan mengatasi masalah mereka yang mungkin terjadi selama proses pembelajaran. Untuk peneliti lebih lanjut juga disarankan untuk membuat perbandingan antara strategi pembelajaran bahasa yang digunakan berdasarkan program studi yang berbeda.
English Abstract
There are some factors that can affect language learning, one of those factors is learning strategy. This study was conducted to investigate the application of learning strategies and to examine the most frequent language learning strategy used by the High Achievers of the 11th grade students at SMA NEGERI 2 BATU in learning English. This study used descriptive qualitative research. The data were collected from the 11th grade students of three study programs, there were science, social, and language. Every study programs was represented by two high achiever students. The procedures used by the researcher to collect the data were questionnaire and interview. The data was obtained by using Strategy Inventory for Language Learning (SILL) questionnaire completed by the six high achievers. In analyzing the data, the researcher used the theory of Oxford (1990). The results of this study indicated that the high achievers of the 11th grade students in SMA Negeri 2 Batu used the overall language learning strategies. It means that the six high achievers of the 11th grade students applied all six types of language learning strategies usually in English learning process. In particular, metacognitive strategies were found as the most frequently used strategies, while least strategy used was memory strategies. Based on this present study, the writer suggested the English teachers can help the students to understand more about the importance of language learning strategies, or give the students training to be able to apply them in learning activity. For the students, they can combine the current strategies they use with other new learning strategies to support their language learning and overcome their problem that may come during the learning process. For further researchers are also suggested to make comparison between language learning strategies used based on the different study programs.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2016/550/051607859 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 14 Sep 2016 11:40 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 11:19 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102451 |
Preview |
Text
INTAN.pdf Download (7MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |