Bentuk Didaktis yang Tercermin Dari Michiyo Sebagai Tokoh Ibu dalam Autobiografi Ikitemasu, Ju Go Sai Karya Miyuki Inoue

Nurhayati, SitiDwi (2016) Bentuk Didaktis yang Tercermin Dari Michiyo Sebagai Tokoh Ibu dalam Autobiografi Ikitemasu, Ju Go Sai Karya Miyuki Inoue. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keluarga merupakan pusat pendidikan yang pertama dan utama bagi anak.Dalam mendidik anak, peran ibu sangat penting. Melihat pentingnya pendidikan dari ibu untuk kehidupan sang anak, penulis meneliti tentang bentuk didaktis tokoh ibu yang terdapat dalam autobiografi ‘Ikitemasu’. Autobiografi karya Miyuki Inoue ini menceritakan pengalaman hidup Miyuki bersama ibunya. Miyuki yang lahir 500gr dan buta merasa tidak akan menjad kuat dan mandiri tanpa ibunya, yaitu Michiyo. Dalam penelitian ini penulis akan menjawab rumusan masalah yaitu bagaimana bentuk didaktis yang tercermin pada Michiyo sebagai tokoh ibu dalam autobiografi ikitemasu ju go sai. Studi ini menggunakan metode deskriptip analisis, dengan mendiskripsikan fenomena yang ditemukan dan menganalisisnya menggunakan konsep didaktisme. Selain itu dalam penelitian ini menggunakan psikologi pendidikan dan perkembangan untuk menganalisi unsur didaktis yang ditemukan pada Michiyo sebagai tokoh Ibu. Hasil studi ini menunjukkan Michiyo mengajari Miyuki untuk bertanggung jawab, disiplin, mandiri. Estetika Michiyo nampak dari pemberian nama kepada Miyuki dan cara Michiyo memberi pengetahuan lewat benda-benda yang indah. Meskipun Michiyo harus mencari nafkah sendiri, tidak membuat Michiyo lupa dengan kondisi sekitar. Michiyo mengajari Miyuki untuk senantiasa peka dengan orang lain yang membutuhkan. Kondisi apapun Michiyo yakin, Tuhan tidak akan memberi kesusahan di luar kemampuan. Miyuki yang sering berontak karena diperlakukan keras akhirnya sadar bahwa Michiyo ingin menjadikan Miyuki anak yang kuat. Penulis menyarankan agar mahasiswa jurusan bahasa banyak membaca tentang autobiografi tokoh-tokoh yang memberikan inspirasi. Kemudian disarankan pada penulis selanjutnya untuk meneliti autobiografi lainnya karena setiap autobiografi memiliki fungsi didaktis yang berbeda.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/54/051601189
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 15 Mar 2016 08:56
Last Modified: 20 Oct 2021 11:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102442
[thumbnail of Bentuk.pdf]
Preview
Text
Bentuk.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item