Consumer Society As Depicted In The Movie Entitled Confession Of A Shopaholic

Yustisia, LupitaNorma (2016) Consumer Society As Depicted In The Movie Entitled Confession Of A Shopaholic. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Film berjudul `Pengakuan seorang Shopaholic` menunjukkan bahwa orang-orang mengkonsumsi banyak hal dalam kelebihan. Mereka mengkonsumsi banyak hal yang berbeda dari fungsi itu sendiri. Itu karena ada konsumerisme ada dalam film `Pengakuan seorang Shopaholic`. Penelitian ini berfokus pada orang-orang yang termasuk dalam masyarakat konsumen. Penelitian ini adalah metode kualitatif dan menerapkan teori masyarakat konsumen, simulacra, dan hyperreality oleh Jean Baudrillard. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada beberapa faktor yang mendukung konsumerisme. Masyarakat konsumen terjadi karena perubahan kebutuhan hidup menjadi gaya hidup, dan kondisi pasar yang sangat menggoda. Ada beberapa tanda yang juga memberikan pengaruh konsumen. Ada kartu kredit, jendela tampilan, diskon, dan bermerek yang memiliki rasa simulacra. Kartu kredit memberikan kesan mewah tetapi sebenarnya kredit berarti angsuran. Manekin di jendela layar memberikan hal yang berkilau, banyak hal yang digunakan oleh manekin terlihat indah, yaitu faktor utama yang dapat membuat orang tertarik untuk membeli. Di dunia ini, tidak ada manusia yang mirip dengan manekin. Diskon sebenarnya adalah harga sebenarnya dari pabrik, tetapi orang berasumsi bahwa diskon adalah harga yang dikurangi. Orang akan memilih produk bermerek untuk mengikuti perkembangan era modern dan memberikan kesan baik produk bermerek. Kemudian hyperreality juga ada dalam tanda-tanda simulacra. Dalam film ini, karakter Rebecca adalah representasi orang-orang di masyarakat konsumen, yang sangat aktif untuk dikonsumsi.

English Abstract

Movie entitled “Confession of a Shopaholic” shows that people consume many things in excess. They consume many things that are different from the function itself. It is because there is the consumerism exists in the movie “Confession of a Shopaholic”. This study focuses on people who belong to consumer society. This study is a qualitative method and it applies theory of consumer society, simulacra, and hyperreality by Jean Baudrillard. The result of the analysis shows that there are some factors that support the consumerism. Consumer society happens due to the change of necessity to life into lifestyle, and the condition of market that is very seductive. There are some signs that also give the influence of consumer. There are credit card, display window, discount, and branded that have sense of simulacra. Credit card gives luxurious impression but actually credit means installment. Mannequin in display window give sparkling thing, many things that are used by mannequin looks beautiful, that is the main factor that can make people interest to buy. In this world, there is no human who similar to mannequin. Discount is actually the real price from the factory, but people assume that discount is a reduced price. People will choose branded product to follow the development of modern era and give good impression of branded product. Then hyperreality also exist in signs of simulacra. In this movie, the character of Rebecca is a representation of people in the consumer society, who is very active to consume.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/524/051607833
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 09 Sep 2016 14:23
Last Modified: 20 Oct 2021 09:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102426
[thumbnail of Lupita_Norma_Yustisia_Consumer_Society_As_Depicted_in_the_Movie_Entittled_Confession_of_a_Shopaholic.pdf]
Preview
Text
Lupita_Norma_Yustisia_Consumer_Society_As_Depicted_in_the_Movie_Entittled_Confession_of_a_Shopaholic.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item